Bansos 300 Ribu Belum Cair? Begini Cara Mencairkannya

0
112
Foto ilustrasi Bansos.

Jakarta, NAWACITAPOST – Bantuan Sosial (Bansos) yang diprogramkan pemerintah dalam rangka membantu kesejahteraan warga di masa pandemi masih berjalan. Setelah sebelumnya tahun 2020 bansos berbentuk sembako, kini bansos yang berbentuk uang sejumlah 300 ribu diperpanjang hingga akhir bulan Juni 2021.

Baca Juga : Pemerintah Upayakan Bansos Bisa Dimanfaatkan untuk Lebaran

Untuk data penerima Bansos bantuan sosial yang telah disalurkan atau masih dalam proses, dapat diakses melalui cekbansos.kemensos.go.id. sebelumnya untuk melakukan pengecekan nama penerima bansos anda bisa ikuti langkah ini.

1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id;
2. Masukkan provinsi, kabupaten, kecamatan dan desa/kelurahan;
3. Masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP;
4. Masukkan dua kata yang tertera dalam kotak kode;
5. Jika tidak jelas huruf kode, klik icon sebelah kanan untuk mendapatkan kode baru;
6. Lalu klik tombol cari data.

Jika dipastikan nama sudah terdaftar sebagai penerima bansos, selanjutnya akan mendapatkan surat undangan untuk pengambilan bantuan. Pencairan dilakukan dimasing-masing tempat yang telah ditunjuk seperti kantor lurah/desa dan kantor Pos.

Surat undangan tersebut diberikan desa melalui ketua RT/RW setempat. Penerima bansos Rp 300 ribu wajib membawa KTP elektronik atau Kartu Keluarga (KK) yang asli beserta fotocopy dan melampirkan surat undangan yang telah dibagikan.

Untuk pengambilan bansos dikantor Pos biasanya disesuaikan dengan penjadwalan demi menjaga protokol kesehatan.

Peserta bansos harus menunjukkan KTP atau KK serta surat undangan terlebih dulu sebelum petugas kantor Pos melakukan scan barcode yang terdapat dalam surat undangan. Selanjutnya petugas akan memfoto satu per satu penerima bansos lengkap dengan KK dan KTP sebagai bukti pencairan bansos tersebut.

(Reski K. Ayuningsih)