BLT & Sembako Perawang Barat Dibagikan untuk Warga Layak Menerima

0
262
Foto : Proses pembagian BLT dan sembako

Siak, NAWACITAPOST – Pemerintah mengucurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk warga desa. Sudah dimulai Mei hingga Juni – Juli. Sementara, sembako bagi masyarakat Perawang Barat mulai Selasa kemarin sudah diserahkan kepada warga yang terdampak Covid 19.

Foto : Proses pembagian sembako dan BLT

Kepala Desa Perawang Barat, Faisal, S.Hi saat dikonfirmasi oleh Nawacitapost di ruang kerjanya. Terlihat sedang sibuk memantau. Yakni pengambilan  bansos (bantuan sosial) BLT dan Sembako pada Jumat 22 Mei 2020.

BACA JUGA: ASTON Priority Simatupang Hotel & Conference Center, Tawarkan Paket Inap Jangka Panjang Berhadiah

Faisal mengatakan. Penyerahan BLT untuk warga dilakukan dengan kesiapsiagaan tim. Selama beberapa minggu tim langsung mendatangi ke rumah warga yang layak menerima. Bahkan, dilakukan perketat mengawasi diterapkan dalam Program BLT. Semata – mata agar bisa sesuai sasaran untuk warga desa yang terdampak wabah Covid 19. Program yang didorong oleh Presiden Jokowi tidak dimanfaatkan oleh penumpang gelap.

Foto : Proses pembagian sembako dan BLT

Faisal juga meminta rekan media bantu memantau. Memberikan info penerima yang layak. Terutama warga yang kurang mampu, sakit, PHK, lumpuh, janda, duda dan sebagainya. Kemudian, menemukan kejanggalan bisa segera melaporkannya. Program BLT dan sembako adalah salah satu upaya sebagai kaki tangan  pemerintah. Meringankan beban warga akibat wabah Covid 19. Progam BLT Desa sebagai wujud perhatian. Tak lain kepada warga desa yang menderita akibat imbas Covid 19.

BACA JUGA: Bukan Saatnya Lagi, Takut dan Khawatir akan Rampok?

Di sisi lain, Covid 19 sudah diputuskan oleh Presiden Jokowi sebagai bencana nasional. Sehingga semua pihak harus menjaga keberhasilan. Terlebih akan program BLT dan sembako tepat sasarnya kepada penerima. Jangan ada pihak yang memanfaatkan wabah Covid 19 untuk kepentingan pribadi. Termasuk mempermainkan dana BLT. Faisal menjelaskan bahwa program BLT dibiayai dengan APBN sebesar sekitar Rp 22 triliun. Anggaran program BLT diambil dari sebagian Dana Desa tahun 2020. Yang mana totalnya Rp 72 triliun. Tentu sudah dibagi merata oleh Pemerintah Pusat ke seluruh desa yang ada di Indonesia.

Foto : Proses pembagian BLT dan sembako

Tiap warga miskin di desa akan mendapatkan BLT. Yakni sebesar Rp 600 ribu tiap kepala keluarga per bulan. Diperuntukkan selama tiga bulan dari bulan Mei hingga Juli. Ada sekitar 236 Kepala Keluarga ( KK ). Sedangkan penerima sembako sebanyak 116 kepala keluarga (KK) dari program. Pendataan warga penerima program sedang dilakukan. Jangan sampai tumpang tindih dengan program PKH yang sebelumnya warga sudah menerimanya. (Sokhiaro Halawa) (Martin) (Ayu Yulia Yang)