BOYOLALI, NawacitaPost.com Seusai mengikuti acara pemberian Penganugrahan Gelar Doctor Honoris Causa kepada Dewan Pembina Utama GMRI (Gerakan Moral Rekonsiliasi Indonesia) Prof.Drs. KH. Muhammad Habib Chirzin dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Rabu 21 September 2022, Tim GMRI berkenan melakukan  silaturrahmi ke Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Smaratungga di Boyolali dan berkenan  diterima oleh YM. Ditthi Sampano Ph.D, Ketua  Perguruan Tinggi yang dipimpinnya itu, Kamis 22 September 2022.
Acara spesial silaturahmi ini lebih fokus untuk acara pertemuan persaudaraan bangsa-bangsa dan lintas agama di Indonesia pada waktu dekat. untuk kemudian mengukuhkan Candi Borobudur sebagai pusat ziarah spiritual dunia. Sehingga Candi Borobudur tidak cuma menjadi obyek wisata budaya semata. Karena Candi Brobudur kata Eko Sriyanto Galgendu adalah Kitab Peradaban dan pusat spiritual bangsa-bangsa di dunia.

Candi Borobudur yang diprakarsai oleh Prabu Syailendra pada kejayaannya awal bangsa Nusantara ini, dapat menjadi penentu, Aspirasi dan penuntun jalan Spiritual guna dapat lebih mendekatkan diri kepada Tuhan.

Menurut Banthe Ditthi Sampanno, Candi Borobudur  dapat menjadi Pusat Ziarah Spiritual yang lebih langgeng untuk mewadahi persatuan serta kerukunan umat beragama sebagai  pusat ziarah spiritual yang bisa terjaga bersama dengan dukungan budaya dan tradisi masyarakat.

Pemikiran serupa senada dengan harapan Wakil Presiden KH. Madrid Amin terhadap seluruh pemeluk agama agar dapat berkontribusi dan berpartisipasi dalam proses pembangunan, baik secara individu maupun kelompok atau  organisasi, kata Wapres saat berada di Pontianak,
Kamis, 22 September 2022 untuk memperingati hari Kelahiran Nabi Kong Zi ke 2573 di Pontianak Convention Center, Pontianak, Kalimantan Barat.

Acara silaturrahmi dan dialog bersama Banthe Ditthi Sampanno di Kampus STAB, Desa Ngelo, Kalige tong, Ampel, Boyolali Jawa Tengah berlangsung hingga menjelang sholat Isya dengan rencana pelaksanaan event besar lainnya, termasuk Santunicitta sebagai upacara syukur dan terima kasih untuk Candi Borobudur yang akan segera dikukuhkan sebagai pusat spiritual bangsa-bangsa di dunia, seperti yang telah mendapat pengakuan dari  UNESCO sebagai warisan dari peradaban dunia. Adapun acara Santunicitta ini akan dilaksanakan pada  25 -26  September 2022 di Komplek Candi Borobudur, Muntilan Magelang, Jawa Tengah.

Baca juga :  Gelar Pasar Tani, Distan Kabupaten Serang Miliki Dua Tujuan

Upacara Santuni Citta juga dimaksudkan upaya awal dari serangkaian acara pengukuhan Candi Borobudur menjadi pusat ziarah spiritual bangsa di dunia mendapat dukungan dari segenap pihak yang cinta pada pelestarian budaya dan tradisi kerukunan hidup bersama antar umat beragama di Indonesia

Boyolali – Jakarta, 23 September 2022

Tinggalkan Komentar