nawacitapost.com
nawacitapost.com

Jakarta, NAWACITAPOST.COM – Saat panas, tentunya membutuhkan tabir surya untuk melindungi diri dari sengatan matahari. Produk SPF adalah salah satu yang paling penting untuk digunakan. Padahal, ada beberapa makanan yang bisa dijadikan tabir surya alami, seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan ikan.

Makanan ini dapat melindungi dari kerusakan akibat sinar UV yang merusak sel-sel kulit. Kandungan antioksidan yang tinggi pada makanan ini memperbaiki sel-sel kulit agar tetap sehat. Berikut beberapa makanan yang baik digunakan sebagai tabir surya secara alami yaitu:

  1. Tomat
nawacitapost.com
nawacitapost.com

Tomat merupakan sumber antioksidan likopen yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Likopen yang terdapat pada tomat dapat menetralkan molekul berbahaya yang diproduksi pada kulit oleh sinar UV matahari. Sumber likopen, pigmen antioksidan yang berfungsi ini dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Penelitian mengungkapkan bahwa jika rutin minum jus tomat selama seminggu, kulit menjadi lebih “kebal” dari sunburn.

  1. Bayam
nawacitapost.com
nawacitapost.com

Kandungan beta karoten di dalam bayam untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Di dalam bayam terdapat beta karoten dan karotenoid lain yang membantu mengurangi kemerahan pada kulit saat terkena sinar UV.

  1. Buah Beri
nawacitapost.com
nawacitapost.com

Beberapa jenis buah beri, seperti raspberry dan stroberi, mengandung zat yang baik untuk kulit. Antioksidan kuat dan polifenol dalam buah ini membantu menunda penuaan dini pada kulit yang disebabkan oleh kerusakan akibat terbakar sinar matahari. Selain itu, buah beri juga bisa menghindari risiko kanker kulit yang bisa terjadi  dengan mengonsumsi berbagai jenis buah beri.

  1. Semangka
nawacitapost.com
nawacitapost.com

Sama seperti halnya tomat, buah semangka juga tinggi likopen, bahkan mengandung 40% lebih banyak likopen daripada tomat. Dalam hal ini, semangka merah muda lebih baik dipilih dibandingkan semangka kuning, karena likopen dan sifat antioksidannya cenderung lebih tinggi. Selain baik untuk proteksi sinar UV, mengonsumsi semangka juga memberikan manfaat lain untuk kulit.

  1. Wortel
Baca juga :  Terkait Dugaan Keluhan Makanan WBP Lapas Cikarang Dibawah Standar, Kalapas Veri Johanes : Sudah Sesuai Standar
nawacitapost.com
nawacitapost.com

Makanan selanjutnya yang bisa kamu jadikan tabir surya adalah wortel. Wortel kaya akan vitamin A yang menawarkan beta karoten yang dibutuhkan kulit. Zat ini adalah antioksidan tinggi dari karotenoid dan bermanfaat untuk melindungi kulit secara spesifik. Sinar matahari yang memiliki panjang gelombang UV akan merusak sel-sel kulit sehingga dibutuhkan makanan kaya akan beta karoten untuk memperbaiki sel kulit yang rusak.