Catat! 5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Jauh Dari Perasaan Damai

0
481

Jakarta, NAWACITAPOSTSiapa sih di sini yang nggak ingin hidup damai?

Tapi sayangnya, semakin dewasa, tiga hal tersebut justru ditinggalkan. Banyaknya pikiran terkadang membuat orang lupa caranya bahagia.

Perasaan damai tidak selalu dihasilkan dari faktor luar, dengan kesadaran penuh sesungguhnya kita dapat memilih untuk merasa damai. Nah, agar perasaan damai tersebut bisa lebih terjaga dalam hati, sebaiknya kamu cek dulu deh lima hal berikut.

1. Tindakan yang tidak sesuai dengan impian

Dalam hidup, hampir semua orang punya impian dengan versinya masing-masing. Untuk mencapai impian, salah satu hal yang penting adalah soal tindakan. Lalu apa hubungannya dengan perasaan damai?

Tentu saja berhubungan sekali, sebab tindakan yang tidak sesuai dengan impian akan menimbulkan perasaan tidak nyaman dalam hati. Itu artinya, hati juga tidak merasa damai, ‘kan? Oleh karena itu, coba selaraskan antara impian dan tindakanmu, ya!

2. Terlalu menyesali masa lalu dan mencemaskan masa depan

Masa lalu adalah kenangan, entah itu pahit atau manis, semuanya menjadi masa lalu yang kadang banyak disesali. Kemudian, ada juga masa depan yang penuh misteri dan ketidakpastian. Nah, masa lalu dan masa depan inilah yang sering bikin kita jauh dari perasaan damai yang didambakan.

Kenapa? Ya, sebab kita sering lupa dengan masa sekarang yang kita jalani dan lebih fokus dengan masa lalu maupun masa depan. Jadi, agar hati ini merasa lebih damai, yuk fokus pada waktu sekarang yang sedang dijalani.

3. Kebiasaan mengeluh yang tidak segera diatasi
Gimana mau merasa damai, kalau kebiasaan mengeluh ini selalu dipelihara? Ya, kebiasaan ini memang susah-susah gampang untuk diatasi, sebab perlu tekad yang kuat lho.

Kebiasaan mengeluh juga berarti menjauhkan kita dari kebiasaan bersyukur. Padahal, bersyukur merupakan kunci kebahagiaan dan kedamaian hati lho. Jadi, daripada mengeluh yuk segera ubah menjadi kebiasaan bersyukur yang bermanfaat.

4. Berpura-pura merasa damai

Terakhir, hal yang sering terlupakan namun bisa bikin kita merasa jauh dari kedamaian hati adalah berpura-pura damai. Perlu kejujuran pada diri sendiri untuk mengetahui apakah kita sudah benar-benar damai atau tidak.

Jadi, bila kamu sebetulnya belum merasa damai, cobalah cari terlebih dahulu penyebab dan solusinya. Dengan begitu, bila hal tersebut berhasil diatasi, kamu dapat merasakan kedamaian hati yang sebenarnya.

5. Ada rasa benci dan dendam yang tersisa
Mengatasi kebencian dan dendam, memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, kita selalu mempunyai pilihan, mungkin pada akhirnya kamu memilih untuk melepaskan kebencian dan rasa dendam tersebut.

Hal ini tentu sangat baik demi kebaikan dan kedamaian hatimu. Hanya saja, yang perlu diperhatikan adalah usahakan jangan sampai ada kebencian dan dendam yang tersisa, biarkan perasaan negatif itu sepenuhnya lepas dari dirimu. Dengan begitu, kamu baru bisa betul-betul merasakan kedamaian dan kebahagiaan.