Lantik Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Kemenristek/BRIN, Menteri Bambang : Era Baru Kemenristek/BRIN

0
209

Jakarta, Nawacita – Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) di Auditorium Soemitro Djojohadikoesoemo, Gedung BJ Habibie, Jakarta (18/02). Dalam kesempatan tersebut Menteri Bambang menyampaikan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini merupakan momen penting bagi operasionalisasi Kemenristek/BRIN, yang mana sebelumnya telah disetujui dan ditandatangani oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, melalui Keppres Nomor 24/TPA Tahun 2021.

“Momen hari ini sangat penting bagi operasionalisasi Kemenristek/BRIN yang memang sudah lama kita tunggu, dan kita selalu berpendapat lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Menurut Keppres yang dilantik hari ini adalah pejabat eselon I di Kemenristek, yang terdiri dari 1 Sekretaris dan 3 Staf Ahli Kementerian,” terang Menteri Bambang.

Selanjutnya, Menteri Bambang juga meminta kepada pejabat yang dilantik untuk sementara dapat merangkap berbagai tugas yang harusnya dijalankan oleh BRIN, sambil menunggu Perpres BRIN terbit.

“Oleh karena itu kami meminta kepada Sekretaris Kemenristek/BRIN yang dilantik hari ini merangkap sebagai Plt Sekretaris Utama di BRIN, Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan juga merangkap sebagai Plt. Deputi Riset dan Pengembangan, Staf Ahli Bidang Pembiayaan merangkap sebagai Plt. Deputi Penguatan Inovasi, dan Staf Ahli Bidang Kelembagaan dan Sumber Daya untuk mem- back up Sekretaris Kementerian terutama pada tugas-tugas yang sebelumnya dijalankan,” jelas Menteri Bambang.

Adapun nama pejabat Pimpinan Tinggi Madya yang dilantik ;
1. Dr. Mego Pinandito, M.Eng sebagai Sekretaris Kementerian Riset danTeknologi/Sekretaris Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional;
2. Dr. Ir. Erry Ricardo Nurzal, M.T., MPA sebagai Staf Ahli Bidang Kelembagaan dan Sumber Daya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kementerian Riset dan Teknologi;
3. Prof. Dr. Ismunandar sebagai Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan Kementerian Riset dan Teknologi;
4. Prf. Dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc, Ph.D sebagai Staf Ahli Bidang Pembiayaan Riset dan Inovasi Kementerian Riset dan Teknologi;

Menteri Bambang berharap pelantikan ini dapat memulai era baru dari Kemenristek/BRIN sehingga dapat bergerak lebih cepat dari sebelumnya, meskipun selama ini ditengah organisasi yang tidak lengkap Kemenristek/BRIN dapat menjalankan tugas, terutama terkait penanganan Covid-19 di Indonesia. “Kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Kemenristek/BRIN, meskipun di tengah keterbatasan kita terus bahu-membahu untuk mengoptimalkan apa yang bisa dilakukan, sehingga Kemenristek/BRIN dapat memberikan kontribusi yang tidak sedikit bagi penanganan Covid-19 di Indonesia,” ungkap Menteri Bambang.

Turut Hadir dalam kesempatan tersebut memberikan ucapan selamat kepada pejabat yang dilantik melalui Video Conference Kepala Batan Anhar Riza Antariksawan, Kepala LBM Eijkman Amin Soebandrio, Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin, Kepala Puspiptek Sri Setiawati, Deputi Teknologi Informasi Energi dan Material BPPT Eniya Listiani Dewi, serta tamu undangan lainnya perwakilan LPNK di bawah Koordinasi Kemenristek/BRIN.

Dwi Rizqa Ananda, Moh. Rif’an Jauhari, Masluhin Hajaz
Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik dan
Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional