Memelihara Kehidupan Manusia

0
205

“Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya” (QS. Al Maidah: 32)

Allah SWT memuliakan setiap insan yang menjaga kehidupan dan keselamatan jiwanya. Begitu bernilainya kedudukan jiwa pada manusia, sehingga melindunginya menjadi salah satu dari tujuan utama beragama (hifdzu al nafs).

Setiap manusia memiliki hubungan dan ikatan dengan manusia lainnya, baik hubungan keluarga maupun hubungan sosial. Itulah sebabnya, melindungi nyawa seorang manusia seakan sama nilainya dengan melindungi seluruh nyawa umat manusia, karena hakekatnya sama dengan menjaga eksistensi kehidupan umat manusia.

Mewabahnya virus Corona Virus Disease (Covid-19), telah mengancam kehidupan umat manusia. WHO telah menetapkan Covid-19 sebagai pandemi. Kondisi ini jelas tidak boleh diremehkan karena hanya ada beberapa penyakit saja sepanjang sejarah yang digolongkan sebagai pandemi. Di Indonesia sendiri korban Covid-19 setiap hari terus bertambah dengan sebaran daerah yang semakin luas.

Pemerintah telah melakukan berbagai langkah penyelamatan, baik korban jiwa maupun dampak sosialnya.  Penanggulanga Covid-19 bukan menjadi tanggung jawab pemerintah semata tetapi juga menjadi tanggung jawab kita bersama. Untuk itu, saatnya kita membangun kesadaran kolektif untuk menumbuhkan rasa solidaritas, bekerjasama dan bergotong royong ikut menanggulangi bahaya Covid-19 demi menyelamatkan jiwa manusia.

Allah SWT menyukai orang yang senang membantu dan meringankan beban penderitaan orang lain. Allah SWT berjanji akan membalas kebaikannya itu dengan memudahkan segala urusannya. Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam :

“Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat Allah senantiasa menolong hamba Nya selama hamba Nya itu suka menolong saudaranya”. (HR. Muslim)

Semoga Allah SWT memberikan pertolongan kepada bangsa Indonesia dengan segera mengangkat musibah kemanusiaan Covid-19 yang menelan korban ribuan jiwa manusia di dunia.

Zainut Tauhid Saadi
Wakil Menteri Agama