Satu Hal Yang Tidak Baik Diucapkan Orang Tua Pada Anak

0
171

Ucapan orang tua memiliki peranan penting dalam proses mendidik. Karena itu, hindari menggunakan kalimat yang justru membuatnya semakin tidak disiplin. Namun salah satu kalimat yang sering diucapkan orangtua, yang sebaiknya Anda hilangkan dari sekarang.

Menjadi orangtua bukanlah pekerjaan mudah, selain memastikan anak tumbuh dengan sehat. Anda juga harus bisa mendidiknya agar berperilaku dengan baik. Di sini, ucapan orangtua memiliki pengaruh yang cukup besar dalam membentuk kepribadian anak.

Ucapan orangtua yang bernada negatif, bisa membuat anak malah cenderung ke arah perilaku negatif. Sebaliknya, jika orangtua mengubah kalimat negatifnya menjadi positif, maka pengaruhnya ke anak juga akan menjadi positif.

Mengutip artikel id.theasianparent.com yang dilansir dari The Kid Counselor, bahwa orang tua mendidik anak sesuai dengan apa yang diketahuinya. Kadang, saat anak berimprovisasi, orangtua menyalahkannya. Padahal, apa yang dilakukan anak tidaklah salah.

Contohnya, ibu mengajari anak perempuannya memasak, kemudian si anak mencoba resep yang sama dengan sedikit improvisasi, kemudian ibu mengatakan ‘kau melakukannya dengan cara yang salah’.

Hal ini bisa membuat kreatifitas anak terkekang. Cobalah untuk membebaskan dia bereksplorasi sesuai keinginannya. Jika anak ingin membuat masakan yang berbeda, biarkan dia. Kemudian cicipi masakannya lalu komentari apa yang kurang tanpa menyalahkan metode yang ia lakukan.

Sumber : id.theasianparent.com