Apel Akbar Santri Nusantara Dipimpin Presiden Jokowi di Benteng Vastenburg, Solo

0
42
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Ibu Negara Iriana Jokowi dan Cucunya Jan Ethes Srinarendra saat menghadiri Apel Akbar Santri Nusantara. (Foto: Tribun)

 

Solo, NAWACITA– Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Apel Akbar Santri Nusantara di Benteng Vastenburg, Solo, sebagai bagian dari kegiatan safarinya ke Jawa Tengah.

Ibu negara Iriana Jokowi dan cucunya Jan Ethes Srinarendra ikut menemani Presiden Jokowi dalam kegiatan pengambilan ikrar para santri.

Presiden Jokowi mengenakan jas abu-abu bersarung. Sedangkan Ibu negara mengenakan gamis putih dan cucu Presiden memakai baju koko.

Tak lupa Presiden Jokowi  menyalami para peserta apel ketika berjalan menuju panggung utama. Presiden beserta para rombongan tiba pada pukul 18.55 WIB, Sabtu (20/10).

Setelah sampai di panggung, acara kemudian dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dalam acara ini, Jokowi diagendakan memimpin pembacaan Ikrar Santri dan memberikan arahan kepada peserta.

Dalam jumpa pers sebelumnya,, Ketua PP RMI NU, KH Abdul Ghofarrozin, mengatakan apel ini dilakukan untuk kembali menguatkan rasa nasionalisme dan jiwa Pancasila kepada santri nusantara.

“Ulama dan santri dari dulu hingga sekarang menjadi motor penggerak kesatuan nasional, menjaga Pancasila dan merawat perbedaan. Pancasila sudah final dan tidak berbenturan dengan nilai agama,” kata pria yang akrab disapa Gus Rozin itu.

Penanggung jawab apel, Habib Sholeh, mengatakan acara tersebut penting dilaksanakan, terlebih saat ini muncul fenomena yang saling membenturkan antara agama dan pemerintah.

“Komitmen antara santri dengan negara ini perlu ditegaskan kembali, dikuatkan kembali, disyiarkan kembali melalui apel ini,” ujar dia.

 

 

 

(Red: Bee, sumber dtk)

Tinggalkan Balasan