BANDUNG, NAWACITAPOST.COM – Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) merupakan hari besar bagi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang dirayakan oleh seluruh jajaran Kemenkumham setiap tahunnya. Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat sebagai bagian dari Kemenkumham melaksanakan perayaan HDKD 2021 pada hari ini (Sabtu, 30/10/2021) dengan rangkaian kegiatan Upacara Bendera, Pemberian Anugerah dan Syukuran Peringatan HDKD 2021 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Satuan Kerja se-Indonesia.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Prof. Yasonna H. Laoly, M.Sc. Ph.D. Langsung Memimpin Acara HDKD ke 76 dari Graha Pengayoman Kemenkumham RI

Kegiatan upacara yang dilaksanakan terpusat di Graha Pengayoman Kemenkumham RI secara live-streaming dan Zoom Meeting ini diikuti oleh Kemenkumham Jabar pada dua lokasi. Pada Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Depok hadir Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jabar Sudjonggo, Kepala Divisi Pemasyarakatan Taufiqqurrakhman, Kepala Divisi Keimigrasian Heru Tjondro, Plt. Kepala Divisi Administrasi Eva Gantini dan Kepala Kantor Imigrasi Depok Fahrul Novry Azman beserta jajarannya. Sementara itu di aula Soepomo, Kanwil Jabar, hadir Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Heriyanto, Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Utama Dewa Putu Gede, beserta para pejabat struktural, pejabat fungsional dan para tamu undangan kegiatan.

Dengan tema “Semakin PASTI”, Upacara HDKD 2021 ini dipimpin oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly sebagai inspektur upacara. Diawali dengan pembacaan sejarah Kemenkumham, upacara pengibaran bendera ini berjalan lancar tanpa kendala.

BACA JUGA : Sidak Lapas Cibinong, Kakanwil Kemenkumham Jabar Temukan 3 Hp

Sejalan dengan tema HDKD tahun ini “Semakin PASTI”, sebelum memberikan amanat, Menkumham Yasonna membacakan naskah penetapan hari lahir Kemenkumham yang menetapkan tanggal 19 Agustus 1945 sebagai hari lahir Kemenkumham. Penetapan hari lahir tersebut secara resmi juga mencabut penetapan tanggal HDKD yang sebelumnya yaitu tanggal 30 Oktober.

Baca juga :  RI-Kolombia Perkuat Kerja Sama ‘_Guerra Contras Las Drogas_

Dalam amanatnya, Yasonna menyampaikan bahwa penetapan hari lahir Kemenkumham ini adalah langkah Kemenkumham untuk menghormati dan meluruskan sejarah. “Tidak ada maksud-maksud lain dari kita, apalagi niat untuk tidak menghargai apa yang telah diputuskan Menteri Kehakiman sebelumnya, ini semua untuk mengembalikan ke sejarah yang benar” ujar Yasonna. Lebih lanjut Yasonna mengajak seluruh jajarannya untuk melaksanakan tugas dan pekerjaannya secara profesional dan ikhlas tanpa pamrih. “Jalani setiap tugas secara ikhlas,karena tugas kita adalah semata-mata untuk kepentingan bangsa dan negara” tutup Yasonna.

YouTube player