Hasil Karya Warga Binaan Lapas Kelas IIA Tangerang mampu bersaing di pasar Nasional

0
419
Foto : Kalapas Kelas IIA Tangerang HERASTINI, Bc.IP.,S.H.,M.Si. dan tas hasil karya warga binaan.

TANGERANG, NawacitaPost – Warga Binaan Lapas kelas IIA Tangerang memiliki keterampilan yang cukup unik dan berdaya saing di pasar Nasional, berkat pembinaan yang tulus dari Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tangerang yang di nakhodai oleh Ibu Herastini  dan jajarannya.

Kalapas Kelas IIA Tangerang Herastini dan warga binaan saat memetik sayur hasil Hidroponik warga binaan.

Herastini sebagai Kalapas baru yang menjabat sekitar ± 3 (tiga) bulan terakhir, mempunyai jurus muktakhir dalam menjalankan program Kemenkumham khususnya di bidang pemasyarakatan yaitu melakukan  pembinaan terhadap warga binaan dengan soft Program baik di bidang Kepribadian/Rohani maupun Program Kemandirian.

Hasil karya warga binaan Lapas kelas IIA Tangerang

Dalam kunjungan Media NawacitaPost di LAPAS Kelas IIA Tangerang, Ibu Heras Menyampaikan Program yang dilakukan selama ini dalam hal  meningkatkan keterampilan para warga binaan diantaranya pembuatan Kue, Laundry, budidaya lele, ikan nila, berternak ayam kampung dan juga bercocok tanam  di area Lapas seperti tanaman Hidroponik sayur-sayuran. tutur Herastini di Lapas Kelas IIA Tangerang, (11/05/2021)

Lapas Kelas IIA Tangerang juga  melakukan kegiatan  Pelatihan/kursus dengan menggandeng pihak ketiga apabila diperlurkan. “nanti setelah mereka (warga binaan) menyelesaikan kursus atau Pelatihan akan mendapatkan Sertifikat”. Ujar Heras

Salah satu hasil karya warga binaan yang menarik perhatian masyarakat pada umumnya adalah tas yang  terbuat dari anyaman rotan dan dirajut dengan motif yang menarik dan elegan.

Juga  dalam hal pelayanan dengan kondisi di tengah pandemi masih tetap Menerapkan sembilan inovasi yang telah di launching tahun lalu di antaranya :

  1. Temu sapa (tetap bertemu saat pandemi)
  2. Satrio (Sistem antrian Online)
  3. Gerobak sehat
  4. Sapu Dewa (Sarana pengaduan dengan wa)
  5. Safira (sistem antrian face id Narapidana)
  6. Tenar Anjungan (stempel sinar UV demi keamanan & kunjungan)
  7. Sergap
  8. Cekatan (Cek atribut & kelengkapan)
  9. Jago Tayang (Jalur Disabilitas go & duta layanan kunjungan)

Lanjut HERAS, mohon dukungan dari masyarakat sekitar agar semua hasil karya  dari warga binaan Lapas IIA Tangerang dapat di terima dengan baik ditengah masyarakat agar tercipta hubungan yang saling menguntungkan (simbiosis mutualisme) baik dari warga binaan setelah kembali kepada masyarakat dan juga masyarakat pada umumnya.(tim)