Kemendagri Dorong Pengembangan Karakter Pancasila

0
180

JAKARTA, NawacitaPost – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk terus menanamkan dan mengembangkan karakter berasaskan Pancasila. Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Bahtiar mengatakan masyarakat perlu diingatkan bahwa ideologi Pancasila merupakan pemersatu kita hidup di negara Indonesia.

“Kita harus terus menerus, setiap saat, setiap waktu menggerakkan ini di seluruh lapisan masyarakat. Kita hidup di Indonesia dipersatukan oleh satu ideologi yakni Pancasila. Hanya Pancasila yang memperkuat dan mempererat kita sebagai bangsa,” ujarnya konferensi pers Nasional Is Me: Indonesia Pasti Bisa – Penanaman dan Pengembangan Karakter Penerus Bangsa Berasaskan Pancasila di Jakarta, Jumat (9/4).

Karakter Pancasila merupakan wujud karakter yang membedakan Indonesia dengan bangsa lain di dunia, yang membentuk negara Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkarakter. Untuk itu tercetuslah gelora ‘Nasional Is Me: Indonesia Pasti Bisa’ yang bertujuan untuk membangkitkan semangat nasionalisme sebagai warga negara Indonesia. Kegiatan ini diprakarsai dari gerakan swadaya masyarakat yang tergabung dalam Yayasan Bentang Merah Putih dan Nasionalisme Radikal. Mereka bergerak atas kecintaannya pada bangsa Indonesia. “Jujur saya tersentak, mereka sudah melakukan banyak hal dengan biaya sendiri, bertahun-tahun telah dilakukan dengan swadaya sendiri. Acara luar biasa ini tumbuh dari masyarakat, ini yang harus kita kembangkan,” tambah Bahtiar.

Sementara itu pemerintah akan terus menjadi fasilitator dalam menjalankan misi negara untuk membina ideologi wawasan kebangsaan. Menurutnya masih banyak pihak yang sangat mencintai negeri ini dan melakukan banyak aktivitas untuk merawat kebangsaan dan menjaga keutuhan negeri dengan caranya sendiri. “Tangan pemerintah perlu hadir menjadi motivasi, dengan begitu mereka lebih percaya diri dan kalau perlu kita support,” imbuhnya.(FN)

Ditjen Politik & PUM Kemendagri