Ramah Tamah dengan HRD Perusahaan di Kota Cilegon

0
269

CILEGON, NawacitaPost – Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian Menghadiri Acara Ramah Tamah Antara Pimpinan HRD Perusahaan Kota Cilegon yang bertempat di Kantor Dinas Ketenagakerjaan Kota Cilegon, Jum’at (9/04/2021). 

Pemerintah Kota Cilegon ingin mengenal lebih dekat dengan Pimpinan perusahaan atau Pimpinan HRD di Kota Cilegon karena pembangunan Kota Cilegon tidak bisa berjalan sendiri hanya dari Pemerintahan saja. 

Harus berkolaborasi antara Pemerintahan dan pihak Swasta ataupun masyarakat secara luas untuk mencapai Visi dan Misi Kota Cilegon yaitu Cilegon Baru, Cilegon Modern dan Cilegon Bermartabat. 

Sebagai mana di ketahui bersama pembangunan di bidang ketenaga kerjaan, sebagai bagian integral dari pembangunan nasional dalam rangka pembangunan manusia Indonesia seutuhnya guna meningkatkan harkat dan martabat tenaga kerja.

Mewujudkan masyarakat sejahtera, Makmur merata dan berkeadilan, serta pada saat yang bersamaan harus dapat mewujudkan kondisi yang kondusif bagi pengembangan dunia usaha. 

Perusahaan bersama pemerintah Kota Cilegon dapat berkolaborasi untuk meningkatkan skill dan kompetensi anak – anak Cilegon dengan program Pendidikan pelatihan teknisi industri kimia di AMC Untirta sebanyak 40 siswa. 

Perusahaan diharapkan menjalankan program pemagangan dalam negri (lulusan BLK kota cilegon) minimal 1 orang 1 perusahaan. 

Perusahaan di harapkan dapat bekerja sama dengan blk kota cilegon dalam hal penciptaan pencari kerja yang kompeten seperti kerjasama pelatihan atau penyediaan instruktur dari perusahaan yang berpengalaman di bidangnya agar lulusannya sesuai di butuhkan perusahaan kualifikasi. 

Berkerja sama dengan 10 perusahaan besar di Cilegon dalam program pemagangan dan kerja dan 10 perusahaan besar akan merumuskan program itu. 

Berdasarkan data BPS Kota Cilegon tahun 2020. Angkatan kerja Kota Cilegon sebanyak 204675. Orang laki – laki 136 079 orang dan perempuan 68,596.

Dari jumlah angkatan kerja terdapat 178699 yang bekerja (laki – 116794 orang dan perempuan 62,905 orang). 

Dan data pengangguran terbuka sebanyak 1269% atau 25976 orang (19285 laki – laki dan 6.691 perempuan). 

Hal tersebut menunjukan bahwa pertumbuhan Angkatan kerja tidak sebanding dengan laju pertumbuhan kesempatan kerja, hal ini mengakibatkan jumlah pengangguran terbuka masih cukup tinggi di tambah dengan adanya Pandemi Covid.(FN)