Kabapas Jakarta Timur – Utara Nety Saraswati Kinerjanya Berdasar Konstitusi

0
197
Kepala Bapas Jakarta Timur - Utara Nety Saaswati SH, MSi
Jakarta Timur, NAWACITAPOST -Balai Pemasyarakatan (Bapas)  merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) dibidang Pemasyarakatan luar lembaga yang merupakan pranata atau satuan kerja dalam lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
JAKARTA  Timur-Utara punya Bapas  yang pembentukan sejak tahun 1974. Bapas ini berada di bawah naungan KemenkumHAM  Kanwil DKI Jakarta.
DIperkuat berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehakiman RI Nomor M.02-PR.07.03 Tahun 1987, tanggal 2 Mei 1987, tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pemasyarakatan telah ditetapkan bahwa BAPAS Kelas I Jakarta Timur-Utara mempunyai tugas pokok memberikan bimbingan kemasyarakatan dan pengentasan anak sesuai dengan peraturan yang berlaku. Selain itu, berdasarkan UU No. 11 Tahun 2012 tentang Sistem Pengadilan Pidana Anak, Bapas memiliki tugas dan fungsi dalam penelitian kemasyarakatan, pembimbingan, pengawasan, dan pendampingan dalam peradilan pidana anak  .Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut BAPAS Kelas I Jakarta Timur-Utara mempunyai fungsi sebagai berikut :
Adapaun fungsi dari Bapas, yaitu melaksanakan penelitian kemasyarakatan untuk bahan peradilan; Melakukan registrasi klien pemasyarakatan, melakukan bimbingan kemasyarakatan dan pengentasan anak, mengikuti sidang peradilan di Pengadilan Negeri dan sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, memberi bantuan bimbingan kepada bekas narapidana, anak Negara dan klien pemasyarakatan yang memerlukan, dan melakukan urusan Tata Usaha Balai Pemasyarakatan.
Sedangkan bentuk pelayanan terhadap masyarakat yang diberikan oleh BAPAS Kelas I Jakarta Timur-Utara diantaranya adalah, Pembuatan Penelitian Kemasyarakatan (Litmas) untuk warga binaan yang akan bebas bersyarat, cuti menjelang bebas, cuti mengunjungi keluarga, asimilasi, dan pembinaan dalam/mutasi, pembuatan Penelitian Kemasyarakatan (Litma) untuk anak yang berhadapan dengan hukum, pemberian pembinaan kemandirian berupa pelatihan kerja kepada klien pemasyarakatan, pemberian pembinaan kepribadian berupa konsultasi dan konseling kepada klien pemasyarakatan, dan pendampingan sidang anak dalam proses pengadilan.
Nety Saraswati tepat sebagai Kepala Bapas Kelas 1 Jakarta Timur – Utara.  Dekat dengan anak buahnya sudah pasti. Hak-hak WBP pun selalu dilaksanakan. Namun, tak segan-segan jika ada yang melanggar aturan hukum. Sanksipun,  siap diberikan.