Kakanim Kelas I Khusus Ngurah Rai Parlindungan Torehannya Selain Berinovasi Juga Cepat Mengeksekusi Keputusuan MenkumHAM  

0
112
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai, Parlindungan SH, MH

Bali, NAWACITAPOST – Bali adalah gudang wisatawan mancanegara (Wisman) bertandang. Maka. pemeriksaan wisman ke dan dari wilayah itu perlu diperketat. Kantor Imigrasi (Kanim) sebagai pintu utama menetapkan orang asing boleh tidaknya berada dalam wilayah hukum Indonesia.

Baca Juga : Kakanwil Aceh Zulkifli Buka Pendidikan Kesetaraan dan Pelatihan Kemandirian

BEGITU penegasan Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bali Jamaruli Manihuruk saat serah jabatan Kanim Kelas 1 Khusus Ngurah Rai dari Plt Eko Budianto ke Parlindungan. Kakanwil ini juga menekankan pentingnya pemetaan dan pengumpulan informasi pada Kanim. Koordinasi, mutlak dilakukan kepada anak buah dilapangan. Tujuannya agar bisa memantau pergerakan personel yang bertugas.

Tegas Manihuruk, jangan sampai atasan tidak mengetahui apa yang dikerjakan oleh bawahan. Penting Kanim yang baru melakukan koordinasi setiap tindakan atau langkah yang diambil di lapangan.

Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBP) yang telah diperoleh Kanim Kelas I Khusus Ngurah Rai  dan Kanim Denpasar pada 2018 dan melahirkan inovasi layanan  cepat tanggap pengantaran paspor secara langsung kepada pemohon, dan menyediakan pakaian adat Bali, tandas Manihuruk dilanjutkan dan ditingkatkan.

Penyediaan pakaian adat ini merupakan sebuah inovasi yang dapat menarik minat wisman. Hal ini dapat membantu warga negara asing yang ingin tahu lebih dalam tentang budaya berpakaian adat Bali, tutur Jamaruli Manihuruk.

Mendekati dua bulan menjabat sebagai Kanim kelas I Khusus Ngurah Rai. Parlindungan mengapresiasi dan mengeksekusi layanan Eazy Pasport yang dikeluarkan melalui Surat Edaran Direktorat Jenderal Imigrasi Nomor IMI-1060.GR.01.01 Tahun 2020.

Layanan ini sebagau salah satu alternatif dalam menjawab keengganan masyarakat. Program ini adalah layanan jemput bola. Kegiatan layanannya dilakukan di luar Kanim  atau lokasi pemohon.

Pengerjaannya dalam wilayah Kanim ini sudah dilakukan pada  akhir Juli 2020 di Kantor PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Region XI/Bali dan Nusa Tenggara dan di Badan Kepegawaian Nasional Kantor Regional X Denpasar. Dan beberapa tempat lainnya juga sudah mengajukan permohonan layanan ini. Segera akan menindaklanjutinya, ujar Parlindungan yang murah senyum.

Memang Sosok Parlindungan selain berinovasi dengan terobosan yang dibuatnya sebagai Kakanim, juga cepat tanggap dalam mengeksekusi program dari kantor pusat Dirjen Imigrasi dan MenkumHAM.