Acip Rasidi Karutan Kelas II B Sanggau, Sosok Pemberantas Pungli

0
141
Kepala Rumah Tahanan Kelas II B Sanggau, Acip Rasidi SH, MH

Sanggau, NAWACITAPOST  –  Bagi banyak orang  mendengar kata Rumah Tahanan (Rutan). Terbayang dalam pikirannya jeruji, borgol, embok besar mungkin juga rantai serta kunci besar, dan Pintu besar berlapi-lapis. Memang mendekam dan tinggal di Rumah tahanan (Rutan). Dikhususkan bagi yang terkena pidana, dan sesudah peristiwa yang dilakukannya. Padahal rutan itu sebuah tempat yang hanya dibatasi dengan tembok tinggi dan lebar. Jika kita tengok dan masuk didalamnya penuh fasilitas memadai. Terasa seperti di rumah sendiri. Bahkan, kebutuhan sehari-hari para tahanan tercukupi dengan baik. Negara menjamin dan menyediakan semua itu.

Baca Juga : Kakanim Khusus Kelas 1 Surabaya Edy Eko Putranto Pemberi Solusi Di Tengah Masalah 

POLA  pikir yang tadinya angker, seram dan serba terbats geraknya tentang Rutan. Perlahan mulai bergeser dengan yang lebih tenang dan sejuk. Sebutannya bukan narapidana. Melainkan warga binaan. Seperti Rutan Kelas II B  Sanggau. Berbenah diri. Dilakukan agar Rutan iktu menjadi lebih baik.

Adalah Acip Rasidi sebagai Kepala Rutan Sanggau melakukan ini agar apa yang dilakukannya terkait dengan Rutan selalu transparan  dan hak-hak warga binaan terpenuhi dengan baik.

Dirinya juga memastikan bahwa di Rutan kelas IIB Sanggau tidak ada pungutan liar (Pungli) maupun biaya  yang membebankan keluarga maupun Warga binaan.

Acip menegaskan bahwa tidak ada biaya dalam mengurus pelayanan di rutan sanggau. Dan bila ada petugas atau stafnya yang melakukan pungli nformasikan kepada Karutan atau yang ditunjuk melalui nomor Handphone yang sudah disediakan, tandasnya.

Hal yang diterapkan Acip ini mendapat apresiasi dari Kantor wilayah (Kanwil) KemenkumHAM Kalbar. Melalui Kepala divisi (Kadiv) Pemasyarakatan, Suprobowati berkunjung ke Rutan Sanggau. Kadiv melakukan itu dalam rangka hari Darma Tika tahun 2020.