Pamudji Raharja Kadiv Imigrasi Kakanwil Papua Barat Cerdas Memahami Sistem Dan Jaringan

0
321
Kepala Divisi Imigrasi Kakanwil KemenkumHAM Provinsi Papua Barat, Pamudji Raharja SH, MM

Papua Barat, NAWACITAPOSTImigrasi erat kaitannya dengan perjalanan atau berpergiannya seseorang dari suatu negara ke negara yang akan dituju. Paspor salah satu identitas yang sah atau legal seseorang berada di luar negaranya. Tentu membuat dan mendapatkan paspor harus dilengkapi dengan KTP dan  pembayaran yang sudah diatur dalam konstitusi negara khususnya UU Keimigrasian.

Baca Juga : Kakanwil Gorontalo Budi Sarwono Buat Inovasi Silahuhago Majukan Kemenkumham

TEROBOSAN dan langkah untuk membuat dan mendapatkan paspor dari waktu ke waktu di perbaiki dan diperbaiki sesuai dengan situasi dan kondisi yang berlaku. Digitalisi adalah era yang berlaku saat ini.

Pamudji Raharja salah seorang yang cerdas memahami situasi ini. Saat menjabat sebagai Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas I Balikpapan 2017. Terobosannya, bagi WNI perpanjang Paspor hanya menunjukan KTP, sertakan paspor lama dan membayar sesuai Undang- undang. Sedangkan Untuk mempermudah izin tinggal terbatas (ITAS) bagi warga negara asing (WNA),  tak perlu ke Kantor Imigrasi, mengurusnya bisa secara online.

Demikian juga saat dipercaya sebagai Kepala Divisi Imigrasi Kakanwil KemenkumHAM Papua Barat. Pamudji yang dalam kiprahnya sebagai abdi negara KemenkumHAM selalu berkaitan dengan imigrasi. Tetap menerapkan langkah-langkah itu.

Kendala dan masalah yang dihadapi pelayanan keimigrasiaan Kanwil KemenkumHAM  masih berkutat pada sistem dan jaringan. Maka penempatan Pamudji sebagai Kadiv Imigrasi kiranya dianggap tepat membenahi kendala tersebut.

Setidaknya SDM yang memahami dan mengerti tentang aspek-aspek masalah tersebut bisa menjawab tantangan yang dihadapi Kakanwil Papua Barat khususnya di divisi imigrasi.

Apalagi isu-isu sensitif  berkaitan dengan gerakan kelompok bersenjata kriminal masih terdengar dan terjadi di wilayah ini. Hilir mudiknya WNA bisa diantisipai dengan memeriksa Paspor mereka secara sistem dan jaringan. Sebab, hal ini penting agar WNA yang datang di bumi Cendrawasih ini tidak membawa pesan-pesan yang bisa merusak NKRI.

Pamudji Raharja SH MM sosok cerdas yang terbukti membuat terobosan dengan sistem dan jaringan yang dikuasainya. Di tanah Papua Barat inilah dia mengabdi untuk NKRI dan memastikan WNA tidak memanfaatkan situasi Papua Barat sebagai komoditas politiknya. Bila itu terjadi WNA yang masuk tanah Cendrawasih perlu diamankan dengan hukum yang berlaku di Indonesia.