Kospin Jasa, Mandiri dan Tangguh Berlandaskan Amanah Berkeadilan

0
282
Foto : Andy Arslan Djunaid, Ketua Umum Kospin Jasa

Jakarta, NAWACITAPOST – Kospin (Koperasi Simpan Pinjam) Jasa didirikan oleh beberapa pengusaha kecil dan menengah pada dekade 1970an. Tujuan pendirian Koperasi Simpan Pinjam Jasa (Kospin Jasa) adalah memberikan solusi. Terutama dalam mengatasi kesulitan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Karena umumnya bisnis masih dikelola dengan cara tradisional. Untuk menanggulangi kesulitan mengenai modal maka diadakan pertemuan. Tepatnya pada 13 Desember 1973 di kediaman H.A. Djunaid (Alm) yang juga salah satu tokoh koperasi nasional. Pertemuan dihadiri oleh tokoh masyarakat dari tiga etnis. Yaitu pribumi, keturunan Cina dan keturunan Arab. Kesemua sepakat untuk mendirikan koperasi. Menjalankan layanan simpan pinjam. Berdasarkan persetujuan dari semua pihak, koperasi diberi nama “JASA”. Harapan akan mampu memberikan pelayanan dan manfaat bagi anggota, gerakan koperasi, masyarakat dan pemerintah. Sejak berdiri hingga sekarang, Kospin Jasa telah aktif mengikutsertakan semua pihak dan golongan tanpa memandang suku, ras dan agama. Hal demikian semata – mata hanya untuk bersatu padu dalam hidup berdampingan. Terlebih untuk memecahkan masalah di bidang ekonomi secara bersama – sama dalam satu wadah koperasi. Itulah sebabnya Kospin Jasa menerima gelar sebagai “Koperasi Kesatuan Bangsa”.

BACA JUGA: Bukan Saatnya Lagi, Takut dan Khawatir akan Rampok?

Foto : Andy Arslan Djunaid, Ketua Umum Kospin Jasa

Kospin Jasa memiliki visi dan misi. Visinya adalah terwujudnya Koperasi Simpan Pinjam yang mandiri dan tangguh. Berlandaskan amanah dalam membangun ekonomi bersama dan berkeadilan di Indonesia. Kospin Jasa memiliki beberapa misi. Mengajak seluruh potensi yang ada dalam masyarakat dengan tanpa membedakan suku, ras, golongan dan agama. Agar masyarakat dapat bersama – sama, bersatu padu dan beritikad baik. Terlebih dalam membangun ekonomi kerakyatan secara bergotong royong dalam bentuk koperasi. Membantu para pedagang kecil dan menengah di dalam mobilisasi permodalan demi kelancaran usaha. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan. Turut membantu pembangunan ekonomi dan menunjang pelaksanaan kegiatan usaha secara aktif. Tak lain dengan mengajak mitra usaha lainnya. Baik BUMN (Badan Usaha Milik Negara), swasta, perbankan maupun gerakan koperasi lainnya. Sementara logonya pun ada makna. Logo Kospin Jasa diwujudkan dalam tulisan Kospin Jasa. Yang mana di tengah – tengah tulisan, terdapat simbol “roda”. Bergerak secara dinamis membentuk inisial “J” dengan berbagai jenis warna. Menggambarkan “pluralisme dan kebersamaan” yang saling mengisi dan menghormati. Simbolisasi dari falsafah roda sesuai dengan visi Kospin Jasa. Warna pada roda berkaitan dengan misi.

BACA JUGA: Korban Janji Palsu Program Pendidikan Gratis di Nias Selatan Tidak Jelas

Foto : Kepala Bagian Humas Kospin Jasa Pekalongan Noor Akwan

Koperasi Simpan Pinjam Jasa sejak berdiri telah menerapkan manajerial sistem. Rapat Anggota sebagai kekuasaan tertinggi memilih pengurus dan pengawas. Yaitu dari anggota untuk masa jabatan 5 tahun dengan formasi ketiga etnis yang ada. Pengurus bertindak sebagai policy maker dan pengawas operasional serta hal – hal yang berhubungan dengan segi organisasi koperasi. Dalam aktivitasnya beberapa pengurus ditunjuk sebagai supervisi sesuai dengan sistem operasional yang ada. Operasional sehari – hari dikuasakan kepada Kepala Divisi. Terdiri dari Kepala Divisi Dana, Kepala Divisi Operasional, Kepala Divisi Pinjaman, Kepala Divisi Pengawasan & Kepatuhan, Kepala Divisi Sistem & Teknologi serta Kepala Divisi Treasury & Bisnis. Dibantu oleh Kepala Bagian Kantor Pusat dan Pimpinan Cabang beserta staf. Manajemen setiap bulan mengadakan rapat pleno untuk mengevaluasi kerja bulan sebelumnya. Mmenetapkan kebijakan – kebijakan yang akan ditempuh pada bulan mendatang. Sistem pengawasan intern dilakukan oleh Divisi Pengawasan yang dibantu oleh beberapa inspektur bidang, sedangkan di tingkat kantor cabang dibentuk Internal Control Unit (ICU). Kospin Jasa dipimpin oleh Ketua Umumnya, H.M. Andy Arslan Djunaid, SE bersama Lukito Sindoro (Liauw Yang Sin), Ir. Ong Umaryadi, MM dan Kadafi Yahya. Demikian diterangkan oleh Kepala Bagian Humas Kospin Jasa Pekalongan, Noor Akwan kepada Nawacitapost pada 11 Agustus 2020. (Ayu Yulia Yang)

BACA JUGA: Dugaan Data Covid 19 Dipalsukan, Rumah Sakit Mata Duitan?