Yusril Ihza Mahendra: Presiden Setujui Abu Bakar Baasyir Dibebaskan

0
13
Yusri Ihzam Mahendra saat temui Abu Bakar Baasyir di (Lapas) Teroris Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. (Foto: Dtk)

Bogor, NAWACITA– Yusril Ihza Mahendra mendatangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Teroris Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jum’at (18/1). Kehadiran Pengacara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma`ruf Amin ini dalam rangka untuk melakukan upaya pembebasan narapidana kasus teroris Abu Bakar Baasyir.

“Hari ini saya datang kembali ke Lapas Gunung Sindur yang dikenal oleh sebagian masyarakat sebagai Lapas Teroris, saya bertemu dengan Ustad Abu Bakar Baasyir,” kata Yusril, di Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jumat (18/1).

Dikatakan Yusril bahwa kunjungan ini sebagai tindak lanjut dari pembicaraan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pembebasan Abu Bakar Baasyir dari tahanan. Selain itu pula, upaya dialog  menyakinkan Abu Bakar Baasyir bahwa dirinya segera bebas.

Yusril menegaskan bahwa kebijakan untuk membebaskan Abu Bakar Baasyir telah dipertimbangkan oleh Presiden Jokowi. Mulai dari alasan kemanusiaan mengingat usia Abu Bakar Baasyir sudah menginjak 81 tahun dan dalam keadaan sakit yang memerlukan perawatan.

Kemudian, masa tahanan Abu Bakar Baasyir dalam menjalani pidana kurungan sudah sembilan tahun dalam lapas tersebut.

Presiden Jokowi juga berpesan agar dalam pembebasan Abu Bakar Baasyir tidak ada syarat yang memberatkan terpidana setelah menghirup udara bebas.

“Saya sudah bicara dengan Ustad Abu Bakar dan menerima tawaran itu dan tidak ingin melakukan aktivitas apa-apa, bahkan bersedia tidak menerima tamu siapa siapa tidak apa, yang penting dekat dengan keluarga,” jelas Yusril.

Yusril mengatakan setelah bebas Abu Bakar tidak akan berceramah di mana-mana, namun fokus istirahat sebagai orang tua dan dekat bersama keluarga.

 

 

(Red: Hum, sumber Ant)

Tinggalkan Balasan