Wiranto Isyarakatkan Abu Bakar Ba’asyir Kembali Pindah Lapas

0
36

Jakarta, NAWACITA- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto menegaskan terpidana Teroris Abu Bakar Ba’asyir akan segera pindah lapas. Hal ini atas pertimbangan kemanusiaan melihat kondisi kesehatan terpidana yang sempat menjalani perawatan di RSCM Jakarta.

Atas kondisi itu, Menkopolhukam Wiranto meminta pertimbangan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memindahkan tempat tahanannya ke lembaga pemasyarakatan terdekat tempat tinggalnya di Klaten, Jawa Tengah (Jateng).

Atas arahan dari Presiden. Wiranto meminta pendapat dari sejumlah pejabat negara lainnya dalam sebuah rapat. Seperti, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan.

“Tadi siang saya bertemu Kapolri, Panglima TNI, Menhan, dan Kepala BIN juga ada. Kita bahas soal follow up permintaan MUI terkait Abu Bakar Ba’asyir,” kata Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (5/3).

Ketua Dewan Pertimbangan Partai Hanura itu Wiranto menyebut, ketegasan kepastian itu didapatkan usai menghadap Presiden Jokowi. Pada pertemuan itu dia meminta petunjuk soal permintaan Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait penahanan Abu Bakar Ba’asyir.

Dari hasil pertemuan itu, aku Wiranto, Jokowi mengarahkan untuk tetap mempertimbangkan aspek kemanusiaan. Apalagi usia Ba’asyir sudah sepuh, menjalani hukuman cukup lama, dan kondisi kesehatannya makin menurun. “Kesehatan menurun tentunya orang tua ya. Tentunya harus dijaga supaya tetap sehat,” kata mantan Panglima ABRI itu.

Tinggalkan Balasan