Warganet Hingga Analis Gestur Soroti Ekspresi Datar Sandiaga Uno

0
230

Jakarta NAWACITA – Foto ekspresi cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno yang berbeda dari biasanya, beredar dan jadi viral di dunia maya.

Ekspresi Sandiaga Uno itu sempat ramai diperbincangkan warganet di media sosial. Pasalnya, ekspresi Sandiaga tampak terlihat  lemah dan lesu saat mendampingi Prabowo Subianto yang mendeklarasikan kemenangan Pilpres di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (18/4).

Foto tersebut menampilkan ekspresi datar Sandiaga Uno.

Ahli analisis emosi Handoko Gani menilai, ekspresi Sandiaga menunjukkan dirinya menyimpan kemarahan. Tak hanya itu, bahkan menurut dia, Sandiaga juga menunjukkan adanya ketidaksukaan pada sesuatu.

“Soal ekspresi, saya nyatakan beliau (Sandiaga) itu enggak suka pada sesuatu atau marah,” ujar Handoko, Jumat (19/4).

Analis gestur dan pendeteksi kebohongan tersebut juga melihat ada emosi yang dirasakan mantan Sandiaga yang bergeming saat Prabowo menyatakan klaim sebagai pemenangan di konstestasi pemilu tahun ini.

Namun Handoko mengaku tidak bisa menyimpulkan kemarahan apa yang dipendam Sandiaga.

“Kita tidak bisa menyimpulkan. Bahkan, menduga pun harus hati-hati,” tutur pria yang pernah belajar di Forensic Emotion, Credibility and Deception di Emotional Intellegence Academy, Manchester, dan Authorized User.

Handoko juga melihat ketidaksenangan yang ada di gestur dan ekspresi Sandiaga saat tidak terlalu mengangkat tangannya terlalu tinggi saat deklarasi kemenangan.

“Inilah yang jadi kunci. Ini kan unik ya. Kalau dibilang momennya enggak bareng aja, lah tapi kok hanya beliau saja yang ketinggalan? Dan lagi ekspresinya tanpa membuka bibir,” ucap Handoko.

Tinggalkan Balasan