Wapres Minta Peran Sponsor Asian Games 2018 Dioptimalkan

0
50
Wapres Jusuf Kalla didampingi Menko PMK dan Menpora saat rapat koordinasi penyelenggaraan Asian Games 2018, di kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (15/3/2017) kemarin / Foto: Ist

Nawacitapost.com – Penyelenggaraan Asian Games 2018 mendatang menjadi tantangan bagi Indonesia setelah menjadi tuan rumah 56 tahun silam, khususnya di bidang anggaran.

Hal itu diungkapkan Wakil Presiden sekaligus Ketua Tim Pengarah Kepanitiaan Asian Games 2018, Jusuf Kalla (JK), saat memimpin rapat koordinasi  penyelenggaraan Asian Games 2018, di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jakarta, Rabu (15/3/2017) kemarin.

JK menyebutkan, untuk kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 telah dianggarkan kurang lebih Rp 4 triliun yang telah diefisenkan dari anggaran yang diajukan sebelumnya sebesar Rp 8 triliun. Namun JK berharap efisiensi penyelenggaraan ini jangan sampai mengurangi kemeriahan Asian Games di Indonesia.

“Sejauh ini Indonesia telah mengeluarkan anggaran sebesar Rp 30 triliun untuk Asian Games 2018, dengan rincian untuk infrastruktur Rp 10 triliun, Palembang Rp 7 triliun, dan Jakarta kurang lebih Rp 23 triliun,” kata JK.

Dia mengatakan, hampir semua pelaksanaan Asian Games menguntungkan bagi negara penyelenggaranya. Oleh karena itu dalam Asian Games di Indonesia nanti, hitungannya harus jelas untuk keuntungan finansial Indonesia.

“Untuk mencapai tujuan (keuntungan finansial) ini, Indonesia harus berbicara kepada para sponsor dalam optimalisasi pembiayaan,” tutur JK.

“Saya ke sini untuk mengawal Asian Games agar semua aman dan selamat, dan saya sendiri sudah mencoba menghubungi beberapa sponsor untuk efisiensi anggaran kita,” sambung JK.

Selain dihadiri JK, rapat koordinasi ini juga dihadiri, Menpora Imam Nahrawi, Menko PMK Puan Maharani, Ketua INASGOC Erick Thohir, dan Ketua SATLAK PRIMA Ahmad Soetjipto. (hadi)

 

 

Tinggalkan Balasan