Walikota Surabaya Diusulkan Kandidat Presiden TPO

0
11

Surabaya NAWACITA – Tourism Promotion Organization (TPO) for Asia Pacific Cities memberikan kepercayaan kepada Walikota Surabaya Tri Rismaharini untuk menjadi kandidat presiden TPO. Hal tersebut terlihat saat Risma menerima kunjungan delegasi TPO fo Asia Pacific di Surabaya.

Pada kunjungan itu, Sekretaris Jenderal TPO for Asia Pacific Cities, Kim Soo Il mengungkapkan pihaknya telah mengusulkan wali kota perempuan pertama Kota Surabaya itu sebagai kandidat presiden TPO pada kongres bulan September mendatang.

“Bu Risma terbukti sukses memimpin Surabaya dinilai layak untuk menjadi pemimpin badan internasional ini,” kata Kim dalam pernyataan resminya, Kamis (7/2).

Kim meyakini, jika Risma memimpin organisasi internasional ini, maka prestasi Kota Surabaya akan mendunia.

“Kalau Bu Risma menjadi pemimpin badan internasional ini, maka prestasi Surabaya akan bisa meningkat di dunia dan pengalaman Bu Risma bisa ditularkan kepada negara-negara anggota,” tandas Kim.

Kim menjelaskan, TPO for Asia Pacific Cities sendiri merupakan organisasi internasional yang didirikan pada tahun 2002 pada KTT Kota Asia-Pasifik ke-5. Organisasi itu didirikan sebagai jaringan antar kota untuk mempromosikan pertukaran dan pengembangan industri pariwisata di antara kota-kota besar di kawasan Asia Pasifik.

“TPO berfungsi sebagai jaringan antara pemerintah kota dan entitas swasta di arena pariwisata. Organisasi ini diberitanggung jawab untuk mendorong anggotanya bekerjasama untuk mendukung industri pariwisata,” beber Kim.

TPO ini, lanjut dia, badan internasional yang bergerak di bidang pariwisata yang terdiri dari 100 kota anggota.

“Para anggota ini banyak suaranya yang mendukung Bu Risma sebagai pemimpin badan internasional ini,” lanjutnya.

Sedangkan untuk proses pemilihan, Kim melanjutkan, pemilihannya bakal dilakukan pada kongres general assembly yang akan digelar di Busan, Korea Selatan pada September 2019 mendatang. Dalam General assembly inilah pemimpin baru akan dipilih dan diangkat.

Diketahui, bila Risma jadi memimpin TPO, maka bertambah jabatan walikota Surabaya ini di organisasi internasional. Sebelumnya, Risma telah dua kali menjabat beberapa jabatan bergengsi organisasi internasional. Dua jabatan itu yakni Presiden United Cities and Local Goverment (UCLG) Asia Pasific (Aspac) periode 2018-2020. Sedangkan untuk jabatan kedua adalah Presiden Belt Road Local Cooperation (BRLC) yang ia terima pada akhir tahun ketika lawatannya ke Hangzou, China.

Tinggalkan Balasan