TKI Tidak Wajib Miliki KTKLN Asalkan Terdaftar di SISKO-KTKLN

0
60
Foto: Net

Nawacitapost.com – TKI tidak wajib memiliki Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN) adalkan yang bersangkutan telah terdaftar di Sistem Informasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKO-KTKLN).

Demikian dikatakan Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid  di Jakarta, Rabu (12/4/2017).

Penegasan itu disampaikan Nusron sehubungan dengan tersebarnya berita bahwa TKI harus memiliki KTKLN, sekalipun yang bersangkutan yang tengah menjalani cuti kerja di tanah air.

“Sekali lagi, TKI tidak wajib mengurus dan memiliki KTKLN bagi mereka yang sudah terdaftar meskipun sedang cuti kerja,” tegas Nusron.

Dia menjelaskan,  BNP2TKI tidak pernah mewajibkan TKI mengurusi atau memiliki KTKLN, bila mereka sudah terdaftar di SISKO-KTKLN. “Mereka yang mau cuti, silakan cuti dan tidak perlu mendaftar ke BNP2TKI, BP3TKI atau LP3TKI,” ujar Nusron.

Nusron mengatakan, untuk meyakinkan TKI sudah terdaftar atau belum di SISKO-KTKLN, dapat mengunduh melalui Google Application atau ponsel Android. (fajar)

 

Tinggalkan Balasan