Tahun Depan, Peremajaan Kebun Kelapa Sawit Diarahkan ke Kalimantan

0
31
Presiden Jokowi saat melakukan peremajaan tanaman di Desa Panca Tunggal, Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin, Jumat (13/10). (Foto: BPMI)

Nawacitapost – Setelah melakukan peremajaan kebun kelapa sawit di Sumatra Selatan, bulan depan pemerintah berencana akan melakukan peremajaan serupa di Sumatra Utara, kemudian masuk ke Jambi dan Riau.

“Tahun ini kita memang akan konsentrasi dulu di pulau Sumatra, tahun depan baru akan saya dorong masuk ke Kalimantan. Kita memang ingin kerja fokus supaya gampang dicek, gampang dikontrol,” kata Presiden saat melakukan penanaman perdana peremajaan kebun kelapa sawit seluas 4.400 hektare, di Desa Panca Tunggal, Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin, Jumat (13/10) pagi.

Presiden juga menargetkan agar kebun kelapa sawit rakyat juga dapat memproduksi hingga 8 ton/hektar/tahun. Untuk itu, Presiden berpesan agar bibit yang sudah diberikan harus dirawat dan dipelihara.

“Kalau swasta bisa, perusahaan bisa, petani pekebun juga harusnya bisa,” tutur Presiden.

Setelah kelapa sawit, menurut Presiden Jokowi, peremajaan perkebunan rakyat juga akan dilakukan untuk kebun karet, kopi, kakao dan pala.

“Kalau sawit nanti sudah berjalan, saya akan bergerak lagi ke karet, ke kopi, bergerak lagi ke kakao, ke pala, karena ini sama sudah lebih dari 15, 20, 25 tahun tidak pernah diremajakan. Masak kita kalah dengan Vietnam urusan pala? Kopi kalah dengan Brazil dan Kolombia? Tanah kita subur makmur kok tapi karena tidak pernah diremajakan dibiarkan ya tua lama-lama tidak berproduksinya,” ungkap Presiden.

Tampak hadir dalam kesempatan itu antara lain Menko Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Sumsel Alex Noerdin. (jar)

Tinggalkan Balasan