Slamet Maarif Diperiksa Hari Ini, Polda Jateng Tambah Pengamanan

0
32

Semarang NAWACITA – Polda Jawa Tengah menjadwalkan pemeriksaan terhadap Slamet Maarif, hari ini Senin (18/2) di Semarang. Slamet Maarif adalah Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212 yang ditetapkan sebagai tersangka dugaan pelanggaran kampanye di Solo, Jateng pada pertengahan Januari lalu.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah Ajun Komisaris Besar Agus Triatmaja juga mengatakan bahwa pemeriksaan Slamet Maarif akan digelar hari ini.

“Sesuai panggilan hari ini pukul 10.00 WIB,” kata Agus, Senin (18/2).

Agus menjelaskan, untuk pengamanan jalannya pemeriksaan, pihaknya menambah jumlah personel pengamanan, dari yang sebelumnya, satu SSK (satuan setingkat kompi) disiapkan, namun hari ini sebanyak lima SSK atau 500 personel gabungan disiagakan mengamankan jalannya pemeriksaan.

“Kami siapkan lima SSK,” ujar Agus.

Personel gabungan ini terdiri dari anggota Polda Jateng dan Polrestabes Semarang.
Ketua Pembina Tim Pengacara Muslim (TPM) Mahendradatta mengungkapkan, Slamet sejak kemarin sudah ada di Semarang didampingi salah satu pengacara dari TPM, Ahmad Michdan.

“Slamet Ma’arif sudah berada di Semarang sejak kemarin. Kebetulan saya tidak bisa mendampingi karena ada acara berbarengan di luar kota,” kata Mahendradatta.

Penetapan Slamet sebagai tersangka, setelah sebelumnya ia diperiksa di Kepolisian Resor Kota Surakarta sebagai saksi pada dua pekan lalu.

Ma’arif disangkakan pasal 492 dan 521 Undang Undang nomor 7 tahun 2017 tentang melakukan kampanye yang dilaranh bagi peserta pemilu dan tim kampanye.

Dugaan pelanggaran ini terjadi saat Ma’arif menjadi pembicara dalam tablig akbar PA 212 di Solo 13 Januari 2019 lalu

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surakarta menyimpulkan adanya indikasi pidana pemilu sehingga melimpahkan kasus itu ke kepolisian.
Semula, pemeriksaan Slamet Maarif sebagai tersangka akan dilakukan di posko Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang ada di Polresta Surakarta. Hanya saja, mereka berinisiatif untuk memindah lokasi pemeriksaan di Polda Jawa Tengah di Semarang dengan alasan keamanan.

Tinggalkan Balasan