Sambut Hari Raya Nyepi, Kemenkumham Beri Remisi Kepada 531 Napi Beragama Hindu

0
37
Foto: Net

Nawacitapost.com – Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas) I Wayan K Dusak mengatakan, 531 narapidana yang beragama Hindu mendapat remisi dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di Hari Raya Nyepi 1 Saka 1939 yang bertepatan pada hari  Selasa (28/3/2017).  Jumlah tersebut hampir separuh dari total narapidana beragama Hindu mendapatkan remisi khusus dari pemerintah.

“Jumlah narapidana yang mendapatkan remisi di Hari Raya Nyepi tahun 2017 ini sebanyak 531 orang,” kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas) I Wayan K Dusak dalam keterangannya, Selasa (28/3/2017).

Ada dua kategori dalam remisi khusus ini. Pertama remisi RK-1 yang diberikan kepada napi yang setelah mendapatkan remisi khusus masih menjalani sisa pidana. Kedua remisi RK-2 yang diberikan kepada napi yang langsung bebas pada saat pemberian remisi. Sebanyak 526 napi mendapat remisi RK-1, sedangkan yang mendapat RK-2 hanya ebanyak 5 orang.

Menurut Wayan, remisi juga hanya diberikan kepada narapidana beragama Hindu yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif. Di antaranya persyaratan telah menjalani pidana minimal enam bulan, tidak terdaftar pada register F (buku catatan pelanggaran disiplin narapidana), serta turut aktif mengikuti program pembinaan di lapas atau rutan.

Adapun wilayah yang mendapat remisi terbanyak adalah dari Kantor Wilayah Bali, sebanyak 376 napi, Kantor Wilayah Kalimantan Tengah sejumlah 52 napi, serta Kantor Wilayah Sulawesi Selatan dengan 29 napi, sisanya tersebar diberbagai wilayah lainnya di Indonesia.

“Pemberian remisi ini diharapkan dapat menjadikan para narapidana lebih introspeksi dan menyadari kesalahannya sehingga perilakunya berubah menjadi lebih baik,” ujar Wayan. (val)

 

Tinggalkan Balasan