Rizal Ramli Sebut Indonesia Pernah Rajai Ekspor Gula, Sekarang Impor!

0
31
Rizal Ramli Mantan Menko Perekonomian 2000-2001. (Foto: Ist)

Jakarta, NAWACITA– Mantan Menko Bidang Perekonomian, Rizal Ramli mengungkapan, Indonesia pernah menjadi negara eksportir gula terbesar di dunia pada era kolonial Belanda. Tapi, kondisi sebaliknya, justru terjadi di era pemerintahan Presiden Jokowi.

“Padahal dulu, Indonesia sejak zaman Belanda eksportir gula nomor satu. Bahkan yang biayai industrisialisasi Belanda dibiayai oleh Indonesia, termasuk gula. Kok bisa selama 4 tahun hasilnya itu sebaliknya semua,” ujar Rizal saat menjadi pembicara dalam diskusi bertajuk ‘Jokowi Raja Impor?’ di Kantor Seknas Prabowo-Sandi, Jakarta, Selasa (29/1).

Mengenai persoalan impor gula juga diungkapkan Komisioner Ombudsman RI, Alamsyah Saragih. Berdasarkan data, selama empat tahun pemerintahan Presiden Jokowi, Indonesia telah mengimpor 17,2 juta ton gula. Terdapat selisih 4,5 juta ton, dibanding era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang hanya impor 12,7 juta ton gula.

Rizal Ramli lantas menyesalkan pidato kedaulatan pangan Presiden Jokowi yang hanya dijadikan sebatas janji kampanye politik untuk menrik simpati rakyat saat maju di Pilpres 2014 lalu.

“Tapi karena hanya dijadikan slogan, alat kampanye buat menarik rakyat ini, hasilnya, kita jadi importir terbesar,” tambah dia.

Andai Jokowi konsisten antara cita-cita kedaulatan pangan dan kebijakan, Rizal Ramli menilai, negara di bawah pemerintahan Jokowi akan jauh lebih baik. Namun, karena pengaruh bisikan politik yang kental, sikap presiden Jokowi berubah menjadi tidak konsisten.

 

 

(Red: Bulloh)

Tinggalkan Balasan