Presiden Jokowi Salah Satu Dari 500 Muslim Berpengaruh di Dunia

0
158
presiden Jokowi menggenakan surban dengan syal merah putih (Tengah). (Foto: Ist)

 

Jakarta, NAWACITA– Presiden Joko Widodo menempati rangking 16 orang sebagai muslim berpengaruh di dunia tahun 2019.

Orang nomor satu di Indonesia ini ditempatkan dalam di urutan 50 besar dari 500 muslim Dunia Paling Berpengaruh.

Rilis ini disampaikan oleh Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC), lembaga riset independen yang terafiliasi dengan Institut Aal Al Bayt Kerajaan untuk Pemikiran Islam, yang bermarkas di Amman, Yordania.

Penelitian ini dirilis oleh RISSC dengan menerbitkan sebuah buku ‘Edisi Ulang Tahun Ke-10 500 Muslim: 500 Muslim Dunia Paling Berpengaruh Tahun 2019 (dengan ranking kumulatif selama 10 tahun)’ didapat dari situs resmi The Muslim 500, yang diakses pada Jumat (19/10).

Dalam penelitian yang dilakukan RISSC merumuskan muslim yang dipilih adalah mereka yang menimbulkan dampak terhadap dunia muslim. Dampak ini bisa positif atau negatif, tergantung sudut pandang yang digunakan.

Daftar 50 Nama Teratas (Top 50) didominasi cendekiawan dan kepala negara. Ada 13 kategori secara keseluruhan dalam hal ini, yakni dalam bidang ilmu, politik, administrasi hubungan keagamaan, pengkhotbah dan pemimpin spiritual, filantropi/dermawan, isu sosial, sains dan teknologi, seni dan budaya, pembacaan Alquran, media, selebritas dan bintang olahraga, serta bidang ekstremisme.

Dalam 50 nama teratas, sejumlah nama orang Indonesia disebut. Mereka adalah Jokowi di urutan ke-16, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj di urutan ke-20 (tahun lalu urutan ke-22), dan ulama/Ketua Umum MUI Jawa Tengah Habib Luthfi Yahya di urutan ke-37 (tahun lalu urutan ke-41).

Ada pula kategori 100 teratas, juga daftar 450 muslim. Untuk kategori Sosok Tahun 2019 (Person of The Year), dua nama ditabalkan: Ahed Tamimi dan Mahathir Mohamad. Ahed adalah gadis Palestina yang terkenal gara-gara menampar tentara Israel dan sosoknya menjadi populer.

Adapun Perdana Menteri Malaysia Mahathir adalah pria yang menjabat posisi perdana menteri untuk kedua kali saat usianya menginjak 93 tahun.

 

 

 

(Red: Hulu, sumber TS)

Tinggalkan Balasan