Potensi Ombak 2,5 Meter, Pantai Pulau Jawa Masih Berbahaya

0
71

Jakarta NAWACITA – Pantai di sekitar Pulau Jawa saat ini dinyatakan berbahaya untuk berlibur. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat yang berlibur ke pantai berhati-hati, karena ada potensi ombak setinggi 2,5 meter di selatan Pulau Jawa.

Kepala Subbidang Prediksi Cuaca BMKG Agie Wandala Putra menuturkan, masyarakat yang melakukan aktifitas di pesisir pantai selatan Jawa tetap bisa dilakukan, namun harus berhati-hati, dan jangan tertalu ke tengah.

“Masyarakat di sepanjang pesisir selatan Jawa yang sedang berlibur, jangan terlalu ke tengah, karena ketinggian gelombang bisa mencapai 1,5 sampai 2,5 meter yang mana bisa menyebabkan bahaya. Tetapi tidak apa-apa melakukan aktivitas di pesisir selatan Jawa, tetapi tetap berhati-hati, karena kan banyak yang menggunakan perahu sampai ke tengah. Nah, ini dihindari dulu karena gelombang cukup tinggi, bisa sampai 2,5 meter,” kata Agie kepada wartawan di kantornya, Jakarta, Rabu (26/12).

Agie menjelaskan, selain di Pulau Jawa, potensi cuaca ekstrem juga ada didi sekitar Maluku Tenggara dan Nusa Tenggara Timur. BMKG memperkirakan hujan lebat hingga angin kencang selama Natal 2018 hingga tahun baru 2019.

“Untuk tahun baru, diperkirakan nanti di pesisir selatan Jawa akan lebih baik, curah hujan akan berkurang tetapi berbeda dengan di pesisir utara Jawa ini, karena diperkirakan curah hujan lebat di periode tanggal 31 Desember hingga tanggal 2 Januari,” ujar Agie.

Bagi yang gemar mengisi liburnya dengan mengunjungi air terjun, juga diimbau berhati-hati. Terlebih di wilayah-wilayah yang memiliki curah hujan tinggi. Karena, kata Agie, diperkirakan Jawa Tengah bagian utara, Jawa Timur, termasuk di wilayah Jakarta juga kan ada potensi hujan lebat.

“Sehingga masyarakat harus tetap waspada, terutama yang lagi berlibur nih. Misalnya berlibur di daerah-daerah wisata air terjun, kalau ada hujan di hilir ataupun terjadi hujan di daerah gunung, harap berhati-hati,” pungkas Agie.

Tinggalkan Balasan