Pancasila Sebagai Perekat Bangsa

0
52
Foto: Ist

Nawacitapost.com – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menilai Pancasila sebagai ideologi di negara Indonesia. Bukan hanya itu, Pancasila juga dinilai sebagai alat perekat bangsa.

“Pentingnya Pancasila sebagai perekat bangsa,” kata Tjahjo di sela-sela acara wayangan di Simpanglima Kota Semarang, Kamis (1/6) malam.

Dia menambahkan, Pancasila, NKRI, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika adalah harga mati. Menurut dia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sudah menjelaskan, perbedaan di negara ini, mulai dari agama, suku, golongan-lah yang menjadikannya sebagai Indonesia.

Tjahjo mengimbau warga berani menentukan siapa lawan dan kawan bila berkaitan dengan Pancasila. Dia berharap semua warga Indonesia berdiri di atas ideologi Pancasila.

“Jadi siapa pun WNI, baik perorangan, kelompok, golongan, yang ingin mengganti Pancasila, kita harus berani menentukan siapa lawan, siapa kawan,” tuturnya.

Dia juga berpesan, setiap pengambilan kebijakan politik pembangunan, mulai dari pemerintah pusat sampai ke tingkat RT/RW dan seluruh elemen masyarakat bisa menjabarkan nilai-nilai Pancasila.

“Komitmen menegakan NKRI, pertahankan UUD 1945, menjaga kebhinekaan dan Pancasila,” tambah dia. (val)

Tinggalkan Balasan