Moderator Debat Capres, BPN Prabowo-Sandi Tolak Najwa Shihab

0
40

Jakarta NAWACITA – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menolak presenter Najwa Shihab sebagai moderator pada debat capres 2019.

Juru bicara BPN, Andre Rosiade, dalam keterangannya kepada wartawan mengungkapkan hal tersebut, dengan alasan nama Najwa sudah terindikasi keberpihakan terhadap salah satu paslon pada pilpres 2014.

“Mengenai rencana KPU untuk menunjuk moderator dalam debat, kami mengingatkan KPU agar jangan menunjuk moderator yang terindikasi berpihak. Rekam jejak moderator selama ini kan menunjukkan nama-nama yang beredar seperti Najwa terindikasi tidak netral di 2014,” Andre di Jakarta, Selasa (22/1).

Andre menduga Najwa tidak netral. Ia menyarankan, KPU sebaiknya mencari nama lain selain Najwa Shihab.

“Saran kami, lebih baik KPU menunjuk figur lain yang lebih netral agar jangan menjadi polemik nantinya. Masih banyak figur lain yang mampu menjadi moderator tapi berposisi netral. Itu harapan kami kepada KPU,” ucap Andre.

Sementara Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, soal moderator debat capres kedua itu, pihaknya masih membahas bersama jajarannya.

Nama Najwa Shihab jadi salah satu yang dipertimbangkan KPU menjadi moderator debat capres kedua. Selain Najwa, nama Tommy Tjokro juga dipertimbangkan sebagai kandidat moderator. Nama Najwa dan Tommy, disebut Arief, diusulkan oleh pihak televisi.

“Ya diusulkan oleh TV (Tommy Tjokro dan Najwa Shihab),” ujar Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2019).

Namun, secara pribadi, Arief mengusulkan hanya ada satu moderator dalam debat kedua.

“Ya bisa satu, bisa dua ya. Tapi saya pribadi, kemarin kan berpasangan, maka moderator dua. Moderator dua kan mengambil waktu agak lama, kalau saya sendiri mengusulkan bisa satu, jadi lebih cepat gitu, silakan… silakan tanya-jawab,” kata Arief.

Debat kedua nanti, Arief menjelaskan, hanya diikuti oleh masing-masing capres, sehingga satu moderator saja cukup.

“Peran moderator sama dengan sebelumnya, mereka memandu jalannya debat. Menyampaikan pertanyaan, mengatur jalannya debat, jadi sama perannya. Cuma karena besok itu hanya capres kan, saya pikir satu moderator lebih ringkas gitu, lebih rileks,” tuturnya.

Sekedar diketahui, debat kedua Pilpres 2019 digelar pada 17 Februari 2019. Debat tersebut mengangkat tema energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup dan kehutanan, serta infrastruktur.

Tinggalkan Balasan