Menlu Percaya KTT IORA Bisa Dorong Kesejahteraan Ekonomi

0
39

Nawacitapost.com – Menlu Retno Marsudi mengatakan, Indonesia sebagai bangsa maritim memainkan peran penting di Samudera Hindia.

“Sejak 2015, Indonesia telah menguatkan kerja sama keamanan dan stabilitas untuk mengembangkan infrastruktur maritim, mendekatkan negara, memperbaiki manajemen bencana dan menguatkan kebiasaan dialog dan diplomasi di kawasan ini,” kata Retno Marsudi, dalam konferensi pers di Ruang Cendrawasih 1, Jakarta Convention Center (JCC), Senin (6/3/2017) siang.

Menlu percaya bahwa usaha ini merefleksikan Jakarta Concord dan sejalan dengan tujuan IORA (Indian Ocean Rim Association) untuk mendorong kesejahteraan ekonomi di antara negara-negara yang berbatasan dengan Samudera Hindia.

Saat memberikan keterangan pers itu, Menlu Retno Marsudi didampingi oleh Menteri Luar Negeri Afrika Selatan (Afsel) Maite Nkoana Mashabane, dan Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop.

Retno juga menyampaikan bahwa Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) IORA kali ini adalah kesempatan unik dimana 3 perempuan memimpin the council of minister di IORA. Selain itu, isu pemberdayaan perempuan menjadi salah satu isu utama yang dibahas dalam IORA ini.

Penyelenggaraan  KTTdimaksudkan untuk meningkatkan komitmen negara-negara anggota IORA untuk menciptakan keamanan dan stabilitas kawasan demi kesejahteraan bersama.

KTT IORA yang mengangkat tema “Strengthening Maritime Cooperation for a Peaceful, Stable, and Prosperous Indian Ocean” ini merupakan pertemuan IORA tingkat Kepala Negara/Pemerintahan yang pertama kali diselenggarakan sejak didirikan 20 tahun yang lalu.

KTT ini dihadiri oleh 21 negara anggota IORA, 7 mitra wicara IORA, dan sejumlah organisasi internasional dan negara tamu yang memiliki ikatan kuat dengan Samudra Hindia. (Jar)

 

Tinggalkan Balasan