Mantan Presiden Megawati Kembali Dapat Gelar Doktor Honoris Causa, Berikut Daftarnya

0
45
Mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri saat menerima gelar doktor honoris causa di salah satu kampus di Tingkok. (Foto: Ist)

 

Jakarta, NAWACITA– Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri kembali mendapatkan gelar doktor kehormatan dari Fujian Normal University, Tiongkok.

Ini merupakan koleksi ke delapan beliau mendapatkan gelar doktor honoris causa walaupun pada tahun 1965 dilarang kuliah.

“Alhamdulilah karena secara pribadi sebetulnya (pemberian gelar doktor ini) menepis mengenai keakademian saya. Karena kalau diketahui ketika tahun 1965, saya tidak boleh kuliah. Tapi selalu disiarkan saya ini DO (Drop Out),” kata Megawati seperti dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta,Senin (5/11).

Putri sulung dari Presiden Soekarno ini mengatakan bahwa selama ini masih ada pihak yang seakan mengejek dirinya drop out (DO) dari kampus.

Namun berbagai penghargaan akademik yang diberikan oleh kampus baik dalam negeri maupun luar negeri sebagai bantahan dan tudingan tersebut. Apa yang telah dilakukan selama malah banyak diapresiasi oleh kalangan akademisi.

“Ini sebagai akibat dari pemikiran-pemikiran saya terutama bagi bangsa dan negara,” kata Megawati.

Gelar honoris causa dari Fujian Normal University adalah yang kedelapan untuk Megawati. Sebelumnya, Megawati sudah menerima tujuh gelar doktor kehormatan dari Universitas Waseda Tokyo di Jepang (2001); Moscow State Institute of International Relation di Rusia (2003); Korea Maritime and Ocean University di Korea Selatan (2015); Universitas Padjadjaran Bandung (2016); Universitas Negeri Padang (2017); dan Mokpo National University di Korea Selatan (2017), Doktor Honoris Causa bidang politik pemerintahan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (2018).

Tinggalkan Balasan