KPU Tetapkan 575 Caleg Hanura Tidak Memenuhi Syarat

0
162
Partai Hanura saat menyerahkan berkas administrasi kepada Komisi Pemilihan Umum (Foto Tempo)

Jakarta, NAWACITA– Komisi Pemilihan Umum (KPU) menolak penetapan calong anggota legislatif partai Hanura karena berkas bakal calon anggota legislatif (Bacaleg)nya banyak yang tidak memenuhi syarat (TMS).

Dijelaskan Komisioner KPU Hasyim Asy’ari, pendaftaran sebanyak 575 caleg Hanura ke KPU hampir seluruhnya tidak memenuhi syarat (TMS).

“Berdasarkan penelitian dokumen form pencalonan Partai Hanura (form B1), untuk dokumen perbaikan kami nyatakan TMS semua,” kata Hasyim di Gedung KPU, Jakarta, (2/8).

Atas dasar itu maka KPU tidak melanjutkan pemeriksaan. Karena perbaikan tersebut dicoret dan maka proses para caleg Hanura tidak bisa dilanjutkan ke tahapan selanjutnya.

“Karena itu kan yang utama itu, di situ ada nama calon dan daftar calon, kami nyatakan TMS,” katanya.

Hasyim mengungkapkan, dokumen perbaikan Hanura dinyatakan tidak memenuhi syarat karena data para calon yang diberikan tidak lengkap.

“Misalkan ada penambahan calon, kemudian tak ada fotonya kemudian alamat calon kosong semua. Melihat itu saja sudah bisa diketahui bahwa dokumen pencalonan tidak memenuhi syarat. Kalau TMS ya berarti dokumen calonnya tak perlu diperiksa,” ujarnya.

Hasyim menambahkan, mengenai status TMS ini, KPU mengaku sudah menyampaikan kepada partai Hanura pada Rabu malam. “Berita acara ini sudah disampaikan kepada partai tadi malam,” katanya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari proses verifikasi, hanya ada 9 caleg Hanura yang memenuhi syarat (MS) dari 575 caleg yang didaftarkan ke KPU.

 

 

(Red: Daril, sumber TS)

Tinggalkan Balasan