KPK Cari Tersangka Baru Kasus Suap APBD Sumut

0
61
Keterangan: Pucuk Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi
Keterangan: Pucuk Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi

 

Jakarta, NAWACITA -Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus melakukan pengembangan perkara terhadap kasus suap pengesahan APBD di Sumatera Utara. KPK akan menyelidiki penerimaan pengembalian uang yang  terkait kasus yang telah menyeret Gatot Pujo Nugroho selaku mantan Gubernur Sumut.

“Tim sedang melakukan proses pemeriksaan dari penyelidikan yang dianggap telah selesai. Kami sedang mempelajari hasil dari penyelidikan dan pemeriksaan dari tim. Segera direkomendasikan terkait penanganannya,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (6/3/2018).

Pengembangan ini tidak terlepas dari fakta-fakta yang muncul di sidang. Dari pemeriksaan itu, KPK menduga bahwa kemunculan tersangka baru bisa dimungkinkan bila yakin terhadap fakta-fakta sidang yang telah diuji dalam proses penyelidikan tersebut.

“Nanti kalau memang sudah fix, bukti permulaan ada, tentu kami sampaikan ke publik. Apakah ada yang menjadi tersangka dan berapa orang,” imbuh Febri.

Tidak hanya keterangan yang diperoleh KPK, Febri berkata, dalam rentang penyelidikan itu, KPK juga menerima sejumlah pengembalian uang dari orang-orang yang dipanggil.

“Ketika tim berada di Medan saat itu, ada yang mengembalikan di proses penyelidikan tersebut. Tapi saya belum dapat informasinya siapa saja dan berapa jumlahnya,” tutur dia.

Sebelumnya, Tim KPK terbang ke Medan, Sumut, untuk memeriksa sejumlah saksi, termasuk mantan anggota DPRD Sumut. Dari hasil pemerikasaan diduga ada pembicaraan-pembicaraan di internal fraksi, di internal komisi dari rangkaian peristiwa (sumber dtk)

Tinggalkan Balasan