Kontraktor China Mencuri Data di Wilayah Bagian Australia

0
26
Kantor kedutaan Besar China.

Australia, NAWACITA– Aparat kepolisian Australia menahan seorang kontraktor China yang bekerja untuk perusahaan perencana keuangan AMP Ltd karena melakukan pencurian data rahasia 20 pelanggannya.

Dari data Kepolisian dan perusahaan itu pada Kamis (7/2) menyebut, pria itu bernama Yi Zheng (28). Ia mengakui kesalahanya atas pelanggaran tersebut dan akan menjalani persidangan di pengadilan Sydney pada Kamis, lapor Associated Press Australia.

Kepolisian Negara Bagian New South Wales mengatakan mereka mulai menyelidiki pelanggaran itu setelah petugas keamanan siber AMP mengetahui adanya aktivitas mencurigakan di jaringan perusahaan itu Desember lalu.

Penyelidikan itu mengarahkan mereka kepada Yi, yang mengunduh dokumen terkait 23 indentitas milik 20 pelanggan dan mengirimkannya ke akun surel pribadinya, kata Kepolisian.

Kepolisian mengatakan Yi ditangkap saat akan menaiki pesawat menuju China pada 17 Januari. Saat ia ditangkap, polisi menyita beberapa telepon selular, kartu SIM, sebuah laptop, dan beberapa perangkat penyimpanan elektronik dari tasnya.

Dia didakwa “dengan kepemilikan informasi indentitas yang diduga digunakan untuk tindak kejahatan,” kata Kepolisian.

Meskipun demikian, Kepolisian tidak menyebut rencana apa yang akan dilakukan Yi terhadap informasi pelanggan itu.

“Informasi identitas adalah komoditas yang sangat berharga di pasar gelap dan daring gelap, dan siapa pun – baik itu individu atau pelaku usaha – yang menyimpan data-data ini harus memastikan perlindungannya,” kata Komandan Satuan Kejahatan Siber Kepolisian New South Wales Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Matt Craft, dalam sebuah pernyataan.

Juru bicara AMP mengatakan pelanggaran data tersebut melibatkan sejumlah kecil informasi pelanggan dan tidak ada bukti bahwa data-datanya diselewengkan.

AMP telah menghubungi semua pelanggan yang terdampak, menempatkan kontrol keamanan tambahan bagi pelanggan-pelanggan tersebut serta memberi tahu lembaga-lembaga regulator terkait.

 

 

(Red: Juan, sumber Ant)

Tinggalkan Balasan