Klien Bapas Banda Aceh Dilatih Membuat Mie Aceh

0
42
Foto: Ist

Nawacitapost.com – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Banda Aceh menyelenggarakan program bimbingan kepribadian dan kemandirian bertema “Cara Memasak Mie Aceh” bagi 25 klien bapas selama tiga hari, mulai Senin (20/3/2017) hingga Rabu (22/3/2017), dengan instruktur Samsul, pemilik usaha Mie Aceh Keumala di Banda Aceh.

“Jangan segan-segan untuk dapat menyerap ilmu dan pengetahuan cara memasak mie aceh yang diajarkan oleh instruktur. Silahkan tanya secara detail,” pesan Kepala Bapas Banda Aceh, Jumadi.

Selain itu, para klien juga dibekali motivasi dari Tim Training Motivasi I Life Smart melalui motivator Amrul Amin dan Rudyanda yang datangkan langsung oleh Bapas Banda Aceh. Bertema “Cerdas Dalam Memilih Jalan Hidup,” pemberian motivasi tersebut dinilai sinkron dengan program bimbingan kemandirian Bapas Banda Aceh.

“Setiap orang memiliki hak dalam memilih langkah kehidupannya dan seringkali pemilihan ini membuat kita semua masuk ke dalam jalan yang tidak baik, bahkan tidak pernah kita inginkan. Setiap insan pernah dan memiliki masa lalu yang gelap dan kita diminta untuk berusaha keluar dari sisi gelap tersebut. Jangan merasa nyaman dan aman karena suatu hari kelak kita akan menyesal dalam keadaan yang tidak dapat tertolong lagi. Jangan sampai terlambat untuk mengubahnya,” ujar Amrul Amin yang sering disapa Ustad AA.

Ia juga memberi pesan menyentuh bagi para klien Bapas Banda Aceh. Menurutnya, kematian akan datang kapan saja, tidak perlu sakit, tidak perlu miskin, tidak perlu kecelakaan, dan sebagainya. “Bertaubatlah sebelum pintu kematian itu tiba dan ubah hidup menjadi lebih baik. Manfaatkan umur yang masih diberi dengan ketaatan. Cerdaskanlah hidup kita untuk memilih jalan yang benar karena apabila salah sedikit saja, maka hidup kita akan sia-sia,” pesannya.

Pada hari kedua, kegiatan dilanjutkan kegiatan praktik memasak mie aceh yang dibimbing langsung oleh Samsul. Seluruh klien Bapas Banda Aceh diberikan kesempatan secara langsung mempraktikkan cara memasak mie aceh dibawah penilaian Samsul.

Sedangkan pada hari ketiga, seluruh pegawai Bapas Banda Aceh diberikan kesempatan untuk menilai hasil masakan klien Bapas Banda Aceh dengan mencicipi masakan mie aceh. “Semua enak,” puji Samsul selaku instruktur.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Aceh, Gunarso, yang hadir dalam kegiatan tersebut memuji program bimbingan yang dilakukan Bapas Banda Aceh. “Mienya enak, sudah bisa buka usaha sendiri. Saya harap tidak sampai di sini saja. Saya juga akan mengajak kalian yang bisa memasak mie aceh untuk dapat membuka usahanya di kantin Kanwil Kemenkumham Aceh dan beberapa tempat lainnya,” janji Gunarso. (jar)

 

Tinggalkan Balasan