Kapal Perang 3 Negara Asing Berlabuh di tanjung Priok Jakarta

0
154

Jakarta, NAWACITA – Sabtu kemarin, 18 Mei 2019, kapal perang HMAS Canberra (LHD-02) Royal Australian Navy atau Angkatan Laut Australia berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Tanjung Priok Jakarta.

Sejak bulan April hingga pertengahan Mei 2109 ini, Indonesia berkedatangan tamu kapal dan pesawat alat tempur dari negara asing, antara lain : Australia, Jepang, Amerika Serikat dan Perancis. Mereka datang menggunakan kapal perang dan pesawat tempur teknologi canggih.

Pada Kamis, 2 Mei 2019, US Navy juga berlabuh di Jakarta dengan USS Blue Ridge. Kapal perang ini dilengkapi alat tempur seperti helikopter dan lain sebagainya.

Kedatangan sejumlah armada tempur ini jadi momen istimewa.

Kunjungan ini membawa misi penguatan kerja sama antara Australia dengan Indonesia di bidang militer dan keamanan. Kunjungan ini merupakan rangkaian dari misi muhibah Gugus Tugas Indo-Pacific Endeavour 2019 Angkatan Bersenjata Australia.

” Indonesia dan Australia merupakan mitra yang telah lama bersahabat dan kedua militer tidak pernah berhenti untuk meningkatkan kualitas persahabatan ini dalam berbagai aspek.” ujar Pejabat Royal Austalian Navy, Vice Admiral Michael Joseph Noonan.

Kapal perang ini berlabuh dengan dua kapal perang kelas fregat berpeluru kendali yaitu HMAS Newcastle (FFG 06) dan HMAS Sussex sebagai kapal pendukung. Tetapi, keduanya tidak ikut berlabuh di Tanjung Priok.

Tinggalkan Balasan