Jusuf Kalla Bantah Tol Indonesia Termahal di Asia Tenggara

0
37

Jakarta NAWACITA – Wakil Presiden Jusuf Kalla tidak sependapat bila dikatakan bahwa tarif jalan tol di Indonesia termahal. Menurut JK, tarif tol di negara tetangga seperti Malaysia juga mahal.

JK menegaskan, penyebutan tarif tol di Indonesia sangat mahal tidak tepat.

“Kalau baru memang agak mahal,” kata Jusuf Kalla di Markas Besar PMI Jakarta, Jumat (8/2).

JK mencontohkan saat ini tarif tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) malah menjadi yang termurah di dunia. Demikian juga untuk tarir tol ke Bandung yang memang dibangun puluhan tahun lalu.

“Jadi tergantung kapannya investasi. Jagorawi itu termurah di dunia,” kata Jusuf Kalla.

Tarif tol Indonesia disebut termahal se-Asia Tenggara diungkap oleh Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Suhendra Ratu Prawiranegara.

Ia menilai pembangunan infrastruktur jalan tol trans Jawa oleh pemerintahan Joko Widodo atau Jokowi tidak memberikan efek positif bagi ekonomi rakyat.

Suhendra mengemukakan data, bila dirinci rata-rata tarif tol di Indonesia berkisar Rp1.300 hingga Rp1.500 per kilometer. Santan Staf Khusus Menteri Pekerjaan Umum 2005-2009 ini membandingkan dengan negara-negara tetangga, seperti Singapura Rp778/km, Malaysia Rp492/km, Thailand dalam kisaran Rp440/km, Vietnam dalam kisaran Rp1.200/km, dan Filipina Rp1.050/km.

Suhendra mengatakan, mahalnya tarif tol sudah dirasakan para pengusaha logistik. Sehingga, angkutan truk pembawa logistik kini telah berpindah kembali menggunakan jalan nasional.

“Tarif tol trans Jawa bisa mencapai 1,5 sampai 2 juta rupiah. Ini tentu membuat para pengusaha logistik menjerit. Mereka sudah lakukan protes kepada pemerintah. Pemerintah melalui kementerian yang berwenang berupaya merevisi besaran tarif. Ini bukti pemerintah mengakui tarif tol trans Jawa kemahalan,” kata Suhendra dalam keterangannya, Kamis (7/2).

“Dengan merujuk fakta dan angka di atas, bukan hal yang aneh jika para pengguna jalan tol di Indonesia protes atas tarif tol yang mahal,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan