Jokowi Serahkan Lahan Kepada Kelompok Tani Desa Tebing Siring

0
36
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan kepada kelompok tani, di Desa Tebing Siring, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Minggu (7/5). (Foto: Ist)

Nawacitapost.com – Seusai melakukan kegiatan di Kabupaten Tanah Bumbu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kegiatan lainnya berupa penyerahan hutan desa, hutan tanaman rakyat, dan hutan kemasyarakatan kepada sejumlah masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani, di Desa Tebing Siring, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Minggu (7/5).

Dalam pengarahannya, Presiden Jokowi mengharapkan agar masyarakat atau kelompok masyarakat yang sudah diberi lahan bekerja keras. Kalau ada yang kurang, Presiden meminta disampaikan kekurangannya berapa.

“Nanti setahun atau setengah tahun lagi pasti akan saya cek. Jadi atau enggak jadi program ini,” kata Presiden.

Ditegaskan Presiden, berpuluh-puluh tahun lahan-lahan kita diberikan pada yang gede-gede, ada yang dapat 300 ribu hektare ada yang dapat 400 ribu hektare.

Sekarang, lanjut Presiden, akan mulai konsesi atau hak kelola hutan itu diberikan kepada desa, kepada koperasi dan kepada rakyat.

“Tapi hati-hati ada konsekuensi, yang diberi sama. Yang gede pun sama. Yang gede begitu saya lihat ditelantarkan  cabut. Kerja dengan saya harus seperti itu. Rakyatpun, koperasipun diberi, dibiarin, enggak diapa-apain, cabut,” tegas Presiden seraya menambahkan,  sekarang sudah dapat 12,7 juta hektare di seluruh Indonesia. Ini yang mau kita berikan.

Diakui Presiden jika pemberian konsesi ini ada peluang dipindahtangankan, karena sudah pegang seperti itu. Bisa jadi uang. (fajar)

Tinggalkan Balasan