Jawab Keluhan PHRI, Jokowi Cabut Larangan Instansi Pemerintah Rapat di Hotel

0
47

Jakarta NAWACITA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah akan mencabut aturan yang melarang instansi pemerintah menggelar rapat di hotel demi efisiensi anggaran. Jokowi menegaskan hal tersebut saat menghadiri acara Gala Dinner 50 tahun Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Senin (11/2) malam.

Ungkapan Jokowi tersebut menjawab keluhan para anggota PHRI terkait larangan kepada instansi pemerintah untuk menggelar rapat di hotel.

Keluhan disampaikan Ketua PHRI Haryadi Sukamdani yang menyebutkan adanya aturan larangan dari Mendagri terkait dengan tidak bolehnya instansi pemerintah menggelar rapat di hotel demi efisiensi. Larangan itu menyusul kasus Pemprov Papua terkait dugaan penganiayaan terhadap penyelidik KPK di hotel.

Mewakili PHRI, Haryadi menyampaikan, agar larangan tersebut dicabut, karena menurut dia, lebih besar dampak negatifnya daripada efisiensi yang diharapkan pemerintah.

“Kami meminta agar larangan berkegiatan di hotel bisa dicabut, karena dampak negatifnya lebih besar di masyarakat dan harapan efisiensi juga tidak tercapai,” kata Haryadi.

Keluhan PHRI yang disampaikan Haryadi tadi dijawab langsung oleh Jokowi dalam sambutannya. Dia pun langsung menghubungi Mendagri menanyakan terkait rencana aturan pelarangan tersebut.

Jokowi menegaskan Mendagri telah menyampaikan bahwa aturan tersebut tak akan ditindaklanjuti.

Kepada para pengusaha perhotelan tersebut Jokowi membacakan pesan dari Mendagri, bahwa larangan itu akan dicabut.

“Sudah beres, Pak (Presiden), tidak akan ditindaklanjuti,” ujar Jokowi menirukan balasan pesan dari Mendagri.

Sontak pernyataan Jokowi tersebut disambut riuh tepuk tangan satu ruangan.

Sementara pada acara gala dinner 50 tahun PHRI itu, tampak hadir Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Tampak juga pemilik CT Corp Chairul Tanjung, dan Ketua Kadin Rosan Perkasa Roeslani.

Malam itu tampak Jokowi yang mengenakan kemeja batik bermotif warta coklat lengan panjang.

Tinggalkan Balasan