Ini Pertimbangan Hakim Vonis 6 tahun Penjara Gubernur Nonaktif Zumi Zola

0
24
Gubernur Nonaktif Jambi Zumi Zola. (Foto: Dtk)

Jakarta, NAWACITA– Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) memvonis Gubernur Jambi 2016-2021 Zumi Zola Zulkufli dengan hukuman enam tahun penjara dan denda sebesar Rp500 juta serta subsider tiga bulan kurungan.

Gubernur Nonaktif Jambi ini dinilai terbukti menerima gratifikasi dan memberikan suap kepada anggota DPRD Provinsi Jambi periode 2014-2019 terkait pengesahan APBD Tahun Anggaran 2018 dan 2018.

Dalam putusanya, Majelis Hakim menjatuhkan tambahan pidana berupa pencabutan hak untuk dipilih dalam jabatan publik selama lima tahun sejak selesai menjalani pidana pokok.

Selain itu, Majelis Hakim juga sependapat dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang tidak menetapkan terdakwa Zumi sebagai “justice collaborator” (JC).

“Setelah konsultasi dengan penasihat hukum saya ucapkan terima kasih, saya terima putusan,” kata Zumi usai pembacaan putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis.

Sebelumnya, Zumi dituntut 8 tahun penjara ditambah denda Rp1 miliar subsider 6 bulan kurungan.

Sementara itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan pikir-pikir atas putusan tersebut.

Adapun hal yang memberatkan, perbuatan Zumi tidak mendukung program pemerintah yang tengah gencar memberantas korupsi.

Sedangkan hal yang meringankan, Zumi menyesali perbuatannya, berlaku sopan selama persidangan, belum pernah dihukum, dan telah mengembalikan uang Rp300 juta.

Zumi terbukti melanggar pasal 12 B dan pasal 5 ayat 1 huruf a UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP jo pasal 65 ayat 1 KUHP.

 

 

(Red: Pendi, sumber Ant)

Tinggalkan Balasan