Hadiri Pagelaran Budaya Lintas Etnis, Jokowi Ingatkan Aset Persatuan Bangsa

0
9

Jakarta NAWACITA – Saat menghadiri Pagelaran Budaya Lintas Etnis di Medan Sumatera Utara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan masyarakat soal aset terbesar bangsa Indonesia, yakni persatuan, kesatuan dan persaudaraan.

Dihadapan ribuan warga, Jokowi menegaskan, aset tersebut harus dijaga dan dirawat dengan baik. Jokowi tak ingin aset tersebut rusak karena perbedaan pilihan dalam pesta demokrasi.

“Aset terbesar bangsa Indonesia adalah persatuan kerukunan persaudaraan. Budaya inilah yg mempersatukan kita,” kata Jokowi dalam sambutannya di acara yang digelar di Stadion Teladan, Medan, Sabtu (16/3).

Jokowi mengatakan, Sumatera Utara merupakan miniatur Indonesia. Tak hanya etnis, masyarakat Sumatera Utara juga terdiri dari berbagai agama.

Meski beragam, masyarakat Sumatera Utara hidup dalam kerukunan. “Inilah miniaturnya Indonesia. Sumatera Utara adalah miniatur Indonesia,” kata Jokowi.

Dikesempatan tersebut Kepala Negara mengenakan pakaian adat khas Melayu berwarna gelap, lengkap dengan topi ‘tanjak’. Sementara Iriana mengenakan pakaian adat khas Melayu untuk perempuan, lengkap dengan selendang.

Puluhan ribu warga yang datang diacara tersebut heboh menyambut kedatangan Jokowi. Mereka meneriakkan nama Jokowi. Sebelum naik ke panggung, Jokowi menyalami masyarakat. Dia juga meladeni foto bersama.

Sementara Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani saat membuka acara mengatakan Sumatera Utara memiliki beragam etnis, namun masyarakatnya hidup dalam kerukunan.

“Sumatera Utara tak mempan dengan isu perpecahan,” kata Bakhtiar.

Setelah sambutan Bakhtiar, acara diisi dengan penampilan tari-tarian dari berbagai etnis yang ada di Sumatera Utara. Penari di panggung memperagakan tarian dari etnis Nias, Simalungun, Dairi, Tapanuli, Minang, hingga Jawa. Ada juga tarian etnis Arab, India hingga Tionghoa.

Tinggalkan Balasan