Hadiri ‘Mitra Juara Gojek 2019’ Jokowi: Teknologi Digital Peluang bagi UMKM Berkembang

0
14

Jakarta NAWACITA – Presiden Joko Widodo menyatakan, ekonomi digital memberikan harapan yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal tersebut disampaikan Jokowi saat saat menghadiri acara ‘Mitra Juara Gojek 2019’ yang diselenggarakan oleh perusahaan teknologi, Gojek, di Ecovention Ancol, Jakarta Utara, Kamis (11/4/2019) malam.

Dikesempatan itu Jokowi juga berpesan, masyarakat agar tidak terbelenggu oleh teknologi-teknologi lama.

“Ekonomi digital memberikan harapan dan menciptakan peluang bagi perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah di Indonesia,” kata Jokowi.

Jokowi menyebutkan sejumlah nama perusahaan rintisan seperti Gojek, Wahyoo, Halosis dan Du’anyam yang disebut membantu UMKM.

Perusahaan-perusahaan itu menurut Jokowi, membantu UMKM dalam banyak hal, mulai dari pemasaran, akses permodalan dan asisten virtual.

“Ini semuanya adalah bukti, bukti bahwa teknologi digital menciptakan banyak manfaat bagi masyarakat luas. Oleh sebab itu, kita jangan terbelenggu oleh teknologi-teknologi lama,” kata Jokowi.

Berbagai perusahaan rintisan yang disebut Jokowi itu adalah contoh hasil kerja keras dan kolaborasi teknologi digital anak muda yang sampai menghasilkan valuasi bisnis bernilai besar.

Pada acara yang dihadiri para pengemudi Gojek se-Jabodetabek tesebut,  Jokowi memberikan hadiah satu unit sepeda kepada pengemudi Gojek yang mengantarkan pesanannya, yaitu sate ayam, beberapa waktu lalu.

Awalnya, Jokowi ditanya apakah pernah menggunakan layanan Gojek. Ia lantas bertanya kepada undangan apakah ada yang pernah mengantarkan pesanan dirinya ke Istana Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat.

“Kalau di sini ada yang pernah kirimkan pesanan sate ke Istana, kalau hadir di sini, saya beri hadiah. Mengantar sate atau gado-gado ke Istana Bogor, itu pesanan saya. Ada?” kata Jokowi.

Sontak pertanyaan Jokowi itu membuat riuh tamu undangan. Sempat tak ada yang maju. Namun, setelah menunggu sekitar satu menit, seorang driver Gojek langsung berdiri.

Dari tempat duduk tamu undangan, ia mengaku pernah mengantarkan pesanan ke Istana Bogor. Mengetahui ada yang berdiri, Jokowi langsung meminta pengemudi Gojek itu untuk maju ke atas panggung.

Nasrul Kemal, sang pengemudi Gojek itu mengaku pernah mengantarkan pesanan berupa sate ayam.

Tak langsung percaya, Jokowi pun  kemudian menanyakan jam berapa dirinya memesan sate tersebut. Selain itu, Jokowi juga bertanya di pintu mana pesanan itu diantarkan.

Kemal mengatakan bahwa dirinya mengantarkan saat sore hari di pintu yang terdapat sebuah pohon beringin. Jawaban Kemal itu langsung dibenarkan Jokowi.

“Iya udah berarti benar. Nanti akan saya kirim hadiahnya sepeda,” kata mantan wali kota Solo itu.

Jokowi kemudian meminta Kemal memberikan alamat rumahnya. Jokowi memastikan hadiah sepeda dari dirinya langsung sampai di rumah Kemal keesokan harinya.

“Saya kirim langsung ke rumah. Besok sebelum sore sudah sampai sepedanya. Jauh dekat pasti sampai ke rumah,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan