DPR RI Minta Pemerintah Tegas Sikapi Tingginya Harga Tiket Pesawat

0
43

Jakarta NAWACITA – Kenaikan harga tiket pesawat masih ramai menjadi pembicaran di berbagai kalangan. Tingginya harga tiket pesawat cukup membawa dampak bagi masyarakat. Diantaranya banyak penerbangan maskapai yang dibatalkan.

Menanggapi hal ini, DPR RI turut bicara.

Anggota Komisi V DPR RI, Ridwan Bae, salah satunya.

Politisi Partai Golkar ini mengungkapkan, perlu upaya-upaya tertentu untuk mengatasi hal tersebut.

“Pertama, pemerintah harus segera bertindak. Pemerintah duduk bersama-sama dengan pihak maskapai, mencari solusi terbaik, mengukur kemampuan rakyat, terutama pengguna penerbangan (pesawat),” katanya.

Dengan duduk bersama itu, kata Ridwan, bisa didapatkan solusi terbaik untuk semua pihak. Mulai dari konsumen, pihak maskapai, bahkan para pengusaha.

Ridwan menjelaskan, yang kedua, juga harus memastikan agar pihak maskapai juga tidak mengalami kerugian. Artinya, kebutuhan avtur, dan sedikit keuntungan dalam sistem operasional pihak maskapai harus terjamin.

Kemudian ketiga, lanjut dia, harus ada penetapan angka atau harga terhadap tiket pesawat. Sehingga ada kepastian harga terhadap setiap penerbangan nasional.

“Harus ada kepastian harga. Kalau misalnya harganya tidak menentu, itu memberi ruang pada para maskapai untuk memainkan harga sesuka hatinya,” papar Ridwan.

Ia juga mengatakan, selama ini tidak ada dasar yang jelas terkait kenaikan harga tiket pesawat seperti itu.

“Misalnya, sekarang cek tiket ke Surabaya harganya Rp 1 juta, dua jam kemudian cek lagi sudah Rp 1,5 juta. Apa indikator kenaikan harga ini?” imbuhnya.

Pentingnya penetapan harga, menurut Ridwan, adalah, jika memang ada kenaikan dolar atau faktor lainnya yang menyebabkan harga tiket pesawat mahal, maka bisa diumumkan pada masyarakat bahwa ada perubahan harga tiket.

“Biasanya kan saya pikir kenaikan harga (tiket pesawat) itu akibat dolar (naik). Nah, kadangkala dolar turun, kok dia (harga tiket pesawat) naik?” ucapnya.

Ridwan menambahkan, dirinya mengimbau pemerintah dan pihak maskapai untuk bersama-sama mencari solusi yang terbaik. Kemudian yang terakhir, pemerintah diminta harus tegas terkait penetapan harga tiket pesawat ini.

“Pemerintah juga harus tegas,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan