DPD HIMNI Kalbar Gelar Seminar Nasional Bersama Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham

0
188
Ketua DPD HIMNI Kalbar Veronika Aguslina Manao

Pontianak, NAWACITA– Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) menggelar seminar nasional dengan tema Perlindungan Indikasi Geografis dalam Pembangunan Ekonomi Daerah.

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama DPD HIMNI Kalbar dan Direktur Jenderal kekayaan intelektual Kementerian Hukum dan HAM bertempat di Hotel Orchadz Gajah Mada Pontianak, Jum’at, (31/9).

Rochadi Iman Santoso Kepala kantor wilayah Kemenkumham Kalimantan Barat membuka langsung kegiatan seminar ini yang dihadiri oleh Asisten Plh. Gubernur Kalbar, Ketua Kominfo DPP HIMINI Faigizinduhu Ndruru, Ketua-ketua ormas dan paguyuban dan para tokoh masyarakat serta pengurus DPD HIMNI Kalbar serta para undangan.

Ketua DPD HIMNI Kalbar Veronika Aguslina Manao dalam sambutanya menegaskan bahwa kehadiran suku Nias di Kalbar harus memberikan dampak dan kontribusi terhadap pembangunan Kalbar. Sebagai warga yang hidup di Kalbar, maka sudah sepantasnya dirinya bertanggung jawab dalam membangun daerah tempat tinggalnya.

“Masyarakat suku Nias yang ada di Kalbar adalah masyarakat Kalbar juga, mereka juga harus mengabdi, mereka harus bekerja, mereka harus berjuang bersama masyarakat Kalbar untuk memajukan kalbar, antara lain dari sektor pertanian yang masuk pada indikasi geografis.” Jelasnya.

Dalam kesempatan itu Ia juga berpesan agar masyarakat Nias yang berada di 9 DPC Kab/Kota se kalbar berperan aktif untuk mencari potensi di Kalbar yg termasuk dalam kategori potensi geografis, dengan begitu masyarakat Nias yang ada di Kalbar tidak hanya menumpang hidup, tapi ikut bekerja bagi kemajuan kalbar.

“Kita ada perwakilan disembilan wilayah yaitu DPC Kota Pontianak, Kubu Raya, Sanggau,Landak, Bengkayang, Singkawang, Sekadau, Ketapang dan Sintang. Dewan pimpinan cabang ini sebagai wadah bagi orang Nias untuk bertemu dan menghadirkan berbagai ide-ide untuk pembangunan daerah, ujar Veronika.

Ditambahkanya, saat ini, orang Nias yang bertempat tinggal dan hidup di Provinsi Kalbar kurang lebih ada 3000 an jiwa yang tersebar di seluruh wilayah Kalbar. Mereka berprofesi diberbagai bidang untuk hidup baik yang menetap maupun hanya bertugas di Kalbar.

“Dari pendataan kami ada 3000 lebih orang Nias di Kalbar. Ini mungkin lebih karena tersebar diberbagai wilayah di Provinsi Kalbar, ungkap Veronika.

Tinggalkan Balasan