Arab Saudi Jadikan Indonesia Sebagai Tamu Kehormatan Di Festival Janadriyah ke-33

0
29
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani didampingi Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh untuk Arab Saudi merangkap Wakil Tetap untuk Organisasi Kerjasama Islam (OKI) Agus Maftuh Abegebriel saat bertemu dengan Menteri Garda Nasional Arab Saudi Pangeran Khalid bin Abdulaziz bin Ayyaf Al Muqrin di Riyadh, Rabu (19/12/2018) terkait Indonesia sebagai tamu kehormatan Festival Janadriyah. (Foto: Ant)

 

Arab Saudi, NAWACITA– Pemerintah Arab Saudi mengundang Indonesia sebagai tamu kehormatan dalam Festival Janadriyah ke-33 yang bertemakan “Persatuan dalam Keberagaman Memperkuat Moderasi dan Perdamaian Global”.

Hal ini diutarakan oleh Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebrie yang menegaskan pastisipasi Indonesia dalam kegiatan tersebut.

“Persatuan dalam keanekaragaman budaya Indonesa diharapkan dapat menjadi contoh dan memperkuat moderasi dan perdamaian dunia,” kata Agus di Riyadh, Arab Saudi, Kamis (20/12).

Dijelaskanya, keikutsertaan dalam festival ini sebagai langkah dalam memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia sekaligus bagian dari dialog antar peradaban.

“Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dan Putra Mahkota Pangeran Muhammad bin Salman langsung membuat keputusan ini. Pemerintah Indonesia dijadikan tamu kehormatan,” tutur Agus.

Partisipasi Indonesia sebagai tamu kehormatan Festival Janadriyah diharapkan dapat mempererat hubungan bilateral kedua negara.

Sebagai duta besar, Agus kerap mempromosikan hubungan bilateral Indonesia-Arab Saudi dengan slogan Saunesia yang merupakan singkatan dari Arab Saudi-Indonesia.

Festival Janadriyah adalah festival budaya dan warisan tahunan terbesar di Timur Tengah, yang diselenggarakan sejak tahun 1985. Festival Janadriyah ke-33 akan dibuka Raja Salman Bin Abdulaziz pada Kamis, (20/12) waktu setempat.

Delegasi Indonesia dipimpin Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. Puan dijadwalkan mengadiri rangkaian acara pembukaan Festival Janadriyah.

Acara pembukaan akan diawali dengan lomba balap unta yang merupakan tradisi panjang dalam kebudayaan Arab Saudi.

Selanjutnya, Puan bersama Raja Salman akan mengunjungi Paviliun Indonesia.

 

 

 

(Red: Juan, sumber Ant)

Tinggalkan Balasan