Amien Rais Sebut Terlalu Banyak Mafia di Indonesia

0
8
Amien Rais, Mantan Ketua MPR RI.

Jakarta, NAWACITA– Mantan Ketua MPR RI (Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia) Amien Rais menyebut, sedikitnya terdapat empat kelompok mafia di Indonesia.

Demikian ia sampaikan saat berbicara dalam sebuah diskusi bertajuk ‘Jokowi Raja Impor?’ di Kantor Sekretaris Nasional (Seknas) pasangan duet Prabowo-Sandi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (29/1).

Keempat kelompok itu antara lain, mafia ecek-ecek. Biasanya kata dia, kelompok mafia ecek-ecek beraksi di pasar, pabrik-pabrik dan lahan parkiran yang ada di tingkat kecamatan sampai kabupaten/kota.

“Daya rusaknya mafia ecek-ecek ini tidak begitu besar buat bangsa dan negara,” jelas Amien, yang juga Dewan Pengarah di Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi tersebut.

Sementara kelompok mafia kedua, adalah mafia kelas menengah yang bergerak di tingkat provinsi. Kelompok ini juga disebut memilili jaringan untuk memaksakan kehendak dengan menekan para pejabat di level provinsi.

“Ketiga, mafia berskala nasional. Ini sudah enggak ketulungan. Apa yang gak diterabas mafia ini. Ada garam, beras, daging, cabai, kedelai, segala macam,” imbuh Amien.

Disebutkan dia, para mafia kelompok ketiga ini biasanya membentuk kartel-kartel raksasa untuk menentukan arah perekonomi nasional.

“Saya bukan ahli ekonomi, tapi saya katakan mafia nasional ini tidak mungkin bisa langgeng atau eksis tanpa kerjasama dengan kekuasaan. Pasti mafia apapun ada kedekatan dengan menteri ini, menteri itu, jenderal ini, jenderal itu,” ucapnya.

Terakhir kelompok super mafia. Mereka disebut Amien terdiri dari konglomerat-konglomerat internasional dan koorporasi internasional yang bergerak lintas negera.

“Kita tahu koorporasi besar itu sesungguhnya super mafia. Mereka ini berkolusi dengan super mafia di negeri ini. Paling kuat dengan penguasa-penguasa tinggi dan tertinggi.” kata Amien Rais.

 

 

Tinggalkan Balasan