5 Tips Naik Pesawat Garuda Indonesia

0
15

 

Garuda, NAWACITA- Tips bagi pemula untuk naik pesawat ,mengurusi apa-apa sendiri. Jadi, saat nanti menuju bandara kalian udah nggak perlu kikuk lagi. Semoga dengan tips ini kalian bisa naik pesawat dengan selamat aman dan nyaman

1. Siap 3 jam sebelum Keberangkatan

Kok lama banget 3 jam? iya lebih baik siapkan jangka waktu panjang daripada harus terburu-buru kan? Sesuaikan juga dengan kondisi lalu lintas dari rumah kamu ke bandara. Setelah tiba di bandara, kamu juga harus mengantri dari mulai masuk bandara, check-in, hingga mencari gate tempat kamu boarding. Sesuaikan juga dengan luasnya bandara di kota kamu. Jangan sampai kamu harus lari-larian di bandara. Ntar dikira lagi syuting film India.

Harus bersiap sedia waktu karena counter check-in tutup 30 menit sebelum keberangkatan pesawat. Jangan ada lagi yang marah-marah kalau ditinggal pesawat karena kecerobohan sendiri. Tolong juga, jangan ada yang ngeyel bilang “tapi biasanya 15 menit sebelum berangkat juga bisa” “kemarin gue….” Jika suatu saat diperbolehkan check-in saat waktunya sudah mepet, anggap saja itu kebaikan dan keberuntungan yang kalian dapatkan. Bukan untuk jadi pembenaran saat kalian terlambat dikemudian hari.

2. Siapkan Boarding Pass

Pastikan kamu sudah memiliki boarding pass, lalu simpan ditempat yang mudah dijangkau. Akan ada banyak pengecekan yang mengharuskan kamu untuk menunjukkan boarding pass. Sebelum masuk ke dalam counter check-in kamu akan melewati security check point. Disini, kamu akan diminta untuk menunjukkan boarding pass kamu, lalu memindai barang-barang bawaan kamu.

Untuk mempersingkat waktu saat check-in, kamu bisa melakukan check-in online. Untuk beberapa maskapai di bandara tertentu bahkan sudah memfasilitasi semuanya self-service, sistem seperti ini bisa mempersingkat waktu. Apalagi kalau tidak ada bagasi yang dimasukkan, wah setelah check-in online, cetak boarding pass, langsung menuju boarding gate deh.

3. Perhatikan Barang Bawaan Anda

Masih banyak orang yang belum mengetahui barang apa saja sih yang boleh dan tidak boleh dibawa saat naik pesawat terbang. Oke mari kita simak barang apa saja sih yang dilarang masuk ke dalam kabin pesawat:

  • Benda tajam (Pisau, Gunting, Cutter, Golok apalagi yah gaboleh ya, kalau pandangan tajam masih boleh deh)
  • Cairan dengan kemasan melebihi 100ml
  • Narkoba
  • Senjata Api
  • Rokok elektronik dan pemantik api

4. Pastikan Berada di Gate yang Benar

Ini hal sepele yang bisa jadi besar kalau dianggap remeh. Pastikan setelah semua proses diatas selesai kamu menunggu di gate yang benar. Jika kamu tidak yakin dimana keberadaan gate kamu, tanyakan pada petugas yang ada di sekitar kamu. Lalu, sesekali perhatikan layar jadwal pesawat terbang yang biasanya ada di bandara. Perhatikan apakah sudah bisa boarding, atau bahkan last call.

Semenjak kejadian salah gate di Bangkok, gue jadi super perhatian sama nomor dan posisi gate ini. Sesuaikan juga ya sama luas nya bandara tempat kalian naik pesawat, bisa jadi gate kalian berada di ujung yang kesananya aja udah kayak jarak jogging.

5. Patuhi dan Pelajari Panduan Keselamatan di Pesawat Terbang

Setelah masuk ke dalam pesawat, pastikan kamu mengetahui panduan keselamatan selama di pesawat. Matikan handphone, tegakkan sandaran kursi, buka penutup jendela, dan simak baik-baik pramugari yang menjelaskan tentang prosedur keselamatan. Ohiya satu lagi tips saat sudah sampai di Bandara tujuan, jangan buru-buru mengaktifkan handphone dan berdiri ngambil barang di kabin. Selain berisik itu bunyi notifikasi handphone masuk, jalan di pesawat juga jadi semrawut, belum lagi kalau tidak hati-hati dan barang bawaanya jatuh ke kepala penumpang.

Lebih baik sabar sampai pesawat benar-benar telah terpakir, lalu ambil barang bawaan dengan hati-hati dan mengantre keluar dengan tertib. Nyalakan handphone kamu hanya ketika sudah masuk di bandara lagi.

 

Tinggalkan Balasan